PENINGKATAN KETERLIBATAN SISWA DALAM MEMANFAATKAN SAMPAH PLASTIK MELALUI PROGRAM GREEN SCHOOL FESTIVAL
Abstract
Peningkatan keterlibatan siswa dalam memanfaatkan sampah plastik di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Artikel ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan siswa-siswi dalam mengumpulkan, memilah, mengolah dan memanfaatkan sampah melalui program Green School Festival (GSF). Green School atau sekolah hijau merupakan salah satu produk program pemerintah yang diupayakan mampu memiliki pemahaman, kesadaran akan nilai-nilai lingkungan hidup pada seluruh warga sekolah. Adapun siswa-siswi menggunakan sampah baik organik maupun anorganik untuk didaurulang supaya lebih bermaanfaat. Tentunya hal ini tidak terlepas dari peran pendidik atau calon pendidik yang mengarahkan, memotivasi serta mempraktek secara langsung bagaimana mengolah dan memanfaatkan sampah. Pendekatan penelitian kualitatf menjadi pilihan penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi serta menggunakan teknik triangulasi untuk mendapat keabsahan data yang mana tujuannya itu untuk mendalami suatu peristiwa nyata di tempat penelitian. Dari hasil penelitian tentang Peningkatan Keterlibatan Siswa Dalam Memanfaatkan Sampah Plastik Melalui Program Green School Festival diterima positif serta antusias dari siswa untuk terlibat bersama dalam mengumpul, memilah, mengolah dan memanfaatkan sampah.
Kata kunci: Keterlibatan Warga Negara, Pendidikan Kewarganegaraan, Green School Festival
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Pedagogia, 2(1), 98–108. Retrieved from http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/viewFile/50/56
Afendiyanto. (2015). Pemanfaatan Limbah Plastik Pada Pembelajaran Seni Budaya Siswa Kelas Xii Ipa 2 Di SMAN 03 Bangkalan, 3, 126–131.
Aisa, L., Rakhman, S. A., Ashmamillah, D., Fani, D. M., & Pradana, G. A. (2018). “Enviro School” Rumah Edukasi Pemanfaatan Sampah dalam Rangka Mewujudkan Generasi Peduli Lingkungan, 4(1).
Alrashid, D. A., & Kahdar, K. (2008). Eksplorasi Sampah Plastik Menggunakan Metode Fabrikasi.
Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa Dan Desain, (1).
Ani, R. A. (2013). Model Pengembangan Sikap Kewirausahaan Siswa SMK Negeri Se-Kabupaten Demak. Jee, 2(1), 24–33. https://doi.org/ISSN 2252-6889
Antika, R. R. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul „Izzah, Nganjuk ). BioKultur, 3(1), 251–263.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. (R. Cipta, Ed.).
Aritonang, keke T. (2013). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Teachers College Record, 115(10), 1–24. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Ariyanti, N. S., Sobri, A. Y., Kusumaningrum, D. E., & Malang, U. N. (2018). Kepemimpinan
Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat, 1(4), 1–6.
Artiningsih dkk, A. (2012). Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Serat Acitya, 1(2), 107. https://doi.org/10.1128/JVI.77.6.3878
Creswell. (2017). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. (P. P. Pelajar, Ed.) (4th ed.).
Creswell, & 2017. (2017). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. (P. P.
Pelajar, Ed.) (4th ed.).
Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri
& Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21–34. Retrieved from [email protected]
Desfandi, M., Syiah, U., & Banda, K. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661 Dwiyanto, B. M. (2011). Model Peningkatan Partisipasi Masyarakat dan Penguatan Sinergi dalam
Pengelolaan Sampah Perkotaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(2), 239–256.
Goesty, P. A., Samekato, A., & Sasngko, dwi p. (2012). Analisis Penaatan Pemrakarsa Kegiatan Bidang Kesehatan di Kota Magelang terhadap Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 10(2), 89–94.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96. https://doi.org/DOI 10.1002/anie.200802338
Handhika, J. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 109–114.
Hardiyana, S. (2014). Pengaruh Guru Pkn Terhadap Pembentukan Karakter Siswa, 2(1), 54–64. Husni, M., Lasmawan, W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Pkn Kelas Iv Sd Gugus I Selong Ditinjau Dari Motivasi Belajar, 3(4).
Kartini, T. (2007). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(8), 1–5.
Khairunnisah. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PKn Melalui Model Kooperatif Learning Tipe Take And Give Siswa Kelas Vii SMP Bopkri 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, 1(1), 36–42.
Khusniati, M. (2012). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPA. Jpii, 1(2), 204–210. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2017
Kumara, A., & Wirawan, Y. G. (2012). Keterlibatan Siswa ( Student Engagement ) sebagai Mediator Kompetensi Emosi dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi, 39(1), 76–94.
Landriany, E. (2014). Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan
Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Januari, 2(1), 82–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1186/s12913-017-2257-5
Marliani, N. (2013). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Formatif, 4(2), 124–132. https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V4I2.146
Miles, & Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. (P. U. Indonesia, Ed.).
Moleong. (2016a). Metodologi Penelitian Kualitatif. (P. R. Rosdakarya, Ed.) (Edisi Revi).
Moleong. (2016b). Metodologi Penelitian Kualitatif. (P. R. Rosdakarya, Ed.) (Edsi Revis).
Moleong. (2016c). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi).
Mulyana, R. (2009). Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa, 6(2), 175–180. https://doi.org/10.1039/c0cp02054k
Musfirah. (2017). Peningkatan Sikap Siswa dalam Mengolah Sampah di SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. The 5th Urecol Proceeding, (February), 1312–1318.
Nur, S. (2015). Korelasi Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn di SMA 2 Polewali, 10(1), 47–67.
Palupi, T., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Pro-Lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory Of Planned Behavior Relationship, 14, 2015–2018.
Pangalila, T. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Manado, 7(1), 91–103.
Paparang, O. E. (2017). Peran Serta Warga Sekolah dalam Melaksanakan Program Adiwiyata Di Sma Negeri 9 Lempake Samarinda. EJournal Administrasi Negara, 5(2), 5922–5933. Retrieved from file:///E:/litbang/Tulis/Sekolah Adiwiata/JURNAL fix (05-31-17-01-52-28).pdf Post, D., & Meng, Y. (2018). Does schooling foster environmental values and action? A cross-national study of priorities and behaviors. International Journal of Educational Development,
(July 2017), 10–18. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2017.10.010
Priadi, A., & 2013. (n.d.). Hubungan Antara Pola dan Konsep Diri Dengan Perilaku Lingkungan Mahasiswa.
Puspita, I., Ibrahim, L., & Hartono, D. (2016). Pengaruh Perilaku Masyarakat Yang Bermukim Di Kawasan Bantaran Sungai Terhadap Penurunan Kualitas Air Sungai Karang Anyar Kota
Tarakan. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 23(2), 249–258.
Putri, lessy apri kartika. (2018). Pengaruh Program Sekolah Adiwiyata Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Siswa di SMA Negeri 2 Pringsewu, 300.
Riswan, R., Sunoko, H. R., & Hadiyarto, A. (2012). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di
Kecamatan Daha Selatan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 9(1), 31. https://doi.org/10.14710/jil.9.1.31-38
Saadah, U., & Ariati, J. (2018). Hubungan antara Student Engagement ( Keterlibatan Siswa ) dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 9 Semarang, 7(Nomor 1), 1–14.
Setyabudi, & 2017. (n.d.). Konsep Taman Edukasi pada Sekolah Dasar di Kota Malang ( Studi
Kasus : SDN Lowokwaru 3 Malang ), 15(05), 23–34.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (P. Alfabet, Ed.). Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi
Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 1(2), 192–203. https://doi.org/10.1007/BF02386737
Sulistiyorini, N. R., Darwis, R. S., & Gutama, A. S. (2015). Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Margaluyu Kelurahan Cicurug. Share Social Work Journal, 5(1), 71–80. https://doi.org/10.1016/j.ahj.2016.02.020
Sulistyorini, L. (2005). Pengelolaan Sampah Dengan Cara Menjadikannya Kompos. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 2(1), 77–84. Retrieved from http://210.57.222.46/index.php/JKL/article/view/696
Suryani, A. S. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah. Aspirasi, 5(1),
–84.
Syaufina, L., & Wijayanto, H. (2016). Analisis Perilaku Pelajar Terhadap Lingkungan Studi Kasus Pendidikan Menengah di Kabupaten Bogor, 6(2), 122–130.
https://doi.org/10.19081/jpsl.6.2.122
Wahyono, S. (2001). Pengolahan Sampah Organik dan Aspek Sanitasi. Jurnal Teknologi Lingkungan, 2(2), 113–118. Retrieved from
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&
ved=0ahUKEwjkufn3gcjUAhXLM48KHZjtB28QFgguMAA&url=http%3A%2F%2Fkelair.bp
pt.go.id%2FJtl%2F2001%2Fvol2-
%2F01organik.pdf&usg=AFQjCNEZpJ2n5mrAqCfGtJpxOzAyz6ZFpQ&sig2=1zcDRLb8Pe
ge
Widiyaningrum, P., & Purwantoyo, E. (2015). Evaluasi Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Sampah Untuk Mendukung Program Sekolah, 04(01).
Widiyanti, R. A. (2015). Evaluasi Pengelolaan Sarana Pendukung yang Ramah Lingkungan pada Program Adiwiyata di SMP Muhammadiyah di Kota Yogyakarta. Pengaruh Pemberian Sari Jahe Terhadap Jumlah Koloni Bakteri Pada Ikan Tongkol, 4(2007), 339–345.
Wijaya, & 2015. (2015). Hubungan Kemandirian dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 40–45.
Windawati. (2015). Evaluasi Program Sekolah Hijau (Green School). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/20943/1/3201410103-s.pdf
Wusqo, I. U. (2014). Upaya Mendorong Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa dalam Inovasi Konservasi Pangan, 3(1), 75–82.
Yetri, & Rijal, F. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung, 8(Ii), 267–279.
Yogiesti, V., Hariyani, S., & Sutikno, F. R. (2012). Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat Kota Kediri, 2(0341), 95–102
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v8i2.8341
Article Metrics
Abstract view : 1616 timesPDF - 3172 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
KERJASAMA DENGAN
Diindeks oleh:
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .