PENGEMBANGAN MEDIA POSTER MELALUI APLIKASI CANVA BERMUATAN ETNOSAINS PADA METERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Rima Rahmila, Rilia Iriani, Muhammad Kusasi, Leny Leny

Abstract


Telah dilakukan penelitian pengembangan media Poster bermuatan etnosains pada materi koloid bertujuan menghasilkan media belajar yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (define, design, development & disseminate). Uji coba media belajar yang dikembangkan dilakukan pada peserta didik SMANegeri 11 Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022. Uji coba media belajar yang dikembangkan dilakukan pada peserta didik SMA Negeri 11 Banjarmasin kelas XI MIPA 1 yakni uji coba perorangan, kelompok kecil dan terbatas. Teknik pengumpulan data yakni angket (validasi, keterbacaan, respon), observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) sangat valid (aspek kelayakan isi, desain grafis layout, gambar, pengorganisasian dan bahasa) berdasarkan uji kelayakan oleh kelompok ahli; (2) Praktis, berdasarkan uji keterbacaan perorangan dan kelompok, respon peserta didik dan guru; (3) Efektif, berdasarkan hasil uji coba terbatas hasil belajar yang termasuk kriteria tinggi, serta motivasi belajar juga termasuk kriteria tinggi. Secara keseluruhan poster yang dikembangkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didikdan sebagai suatu bentuk media yang mengemukakan etnosains dalam pembelajaran kimia.

Keywords


Poster, Etnosains, Koloid

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2017). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9-20.

Adnan, T. E. K. (2018). Pengembangan Media Poster Pada Pembelajaran Ekonomi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ahmad, L., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121-130. doi: https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.121-130

Arafah, S., & Hamid, A. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Arias Ber-Setting Model Kooperatif Tipe Jigsaw. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1), 83-94. doi:http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v7i1.3546

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.

Arfianawati, S., Sudarmin, S., & Sumarni, W. (2016). Model pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51.

Arif, W. F. (2019). Uji Coba Warna Daun Sirih Merah Dengan Teknik Pounding Dan Steam. Jurnal Seni Rupa, 7(2), 73-80.

Badriah, I., Saefuddin, A., & Muhamadi, S. (2021). Penerapan Media Poster untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 7(1), 49-58. doi: https://doi.org/10.46963/mpgmi.v7i1.172

Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infografis (Materi Dinamika Atmosfer). Jurnal geoedusains, 1(1), 27-41. doi:https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i1.183

Dityatulloh, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Pada Mata Pelajaran Sensor Dan Aktuator Kelas XI Tei SMK Negeri 1 Labang Bangkalan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2), 166-173. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Dolong, M. J. (2016). Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 293-300. doi: https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3484

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182. doi:http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal jendela pendidikan, 1(02), 48-60.

Fitri, I., & Fatisa, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 181-190. doi:http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7888

Hamzah, I., & Mentari , S. (2017). Development of Accounting E-Module to Support the Scientific Approdach of Students Grade X Vocational High School. Journal of Accounting and Business Education, 2(1), 78-88. doi:http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i1.9751.

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148-156.

Khayati, F., Sujadi, I., & Saputro, D. (2016). Pengembangan Modul Matematika untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 608-621. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/9167.

Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., Kusumahwardani, D., Wijayanti, D., & Irhamudzikri, I. (2021). Respon guru terhadap kendala proses pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40-46.

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.

Nuralita, A. (2020). Analisis penerapan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Pembelajaran Tematik SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(1), 1-8.

Nurdiana, N. (2021). Penerapan Media Poster Materi Mematuhi Peraturan Perundang-Undangan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII H Di SMPN15 Kota Serang. Untirta Civic Education Journal, 6(2).

Parmin, & Fibriana, F. (2019). Prospective Teachers’ Scientific Literacy through Ethnoscience Learning Integrated with the Indigenous Knowledge of People in the Frontier, Outermost, and Least Developed Regions. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 5(2), 42-154. doi: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v5i2.6257.

Perwitasari, T., Sudarmin, S., & Linuwih, S. (2016). Peningkatan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Energi Dan Perubahannnya Bermuatan Etnosains Pada Pengasapan Ikan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 62-70.

Rahmawati, R., Rahmah, S. F., Mahda, D. R., Purwati, T., Utomo, B. S., & Nasution, A. M. (2021, February). Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Pandemik Melalui Media Poster. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Rizawayani, Sari, S., & Safitri , R. (2017). Pengembangan Media Poster Pada Materi StrukturAtom Di Sma Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 127-133. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8435

Rosnidar, Yusrizal, Mustafa, & Susanna. (2021). Application of Discovery Learning Model in Increasing Student Interest and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 542-548. doi: 10.29303/jppipa.v7i4.745

Sambora, T. R. (2017). Kebijakan Sekolah Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 6(5), 491-502. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52651

Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Wahana Matematika dan Sains : Jurnal Matematika,Sains, dan Pembelajarannya, 13(1), 27-39. doi:http://dx.doi.org/10.23887/wms.v13i1.17146

Satria, T., & Egok, A. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 4(1), 13-21. doi:: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.382

Septiani, D., & Listiyani, L. (2021). Inovasi Modul Etnosains: Jamu Tradisional Sebagai Pembelajaran Berbudaya dan Melek Sains. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 288-297. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.292

Setyono , T., Afri, L. E., & Deswita, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan MenggunakanMacromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP . e jurnal Universitas Pasir Pangaraian, 1-10.

Smaldino, S., Lowther, D., & Russell, J. (2012). Instructional Technology and Media for Learning. Jakarta: Kencana.

Sukoco. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 216-226. doi:https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8937.

Sumartono, S., & Astuti, H. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-115. doi:https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Ulya, Z., Iskandar, A., & Triasih, F. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media poster terhadap pengetahuan manajemen hipertensi pada penderita hipertensi. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 38-46.

Yani, A., Saputra, B., & Jurnal, R. T. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Siswa Dan Kehadiran Guru Berbasis Web. PETIR, 11(2), 107-124.

Yusandika, A., Istihana, & Susikawati, E. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 187-196. doi:https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3593




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i2.13079

Article Metrics

Abstract view : 1828 times
PDF - 1179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License