PENGEMBANGAN MEDIA POSTER MELALUI APLIKASI CANVA BERMUATAN ETNOSAINS PADA METERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2017). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9-20.
Adnan, T. E. K. (2018). Pengembangan Media Poster Pada Pembelajaran Ekonomi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Ahmad, L., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121-130. doi: https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.121-130
Arafah, S., & Hamid, A. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Arias Ber-Setting Model Kooperatif Tipe Jigsaw. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1), 83-94. doi:http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v7i1.3546
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.
Arfianawati, S., Sudarmin, S., & Sumarni, W. (2016). Model pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51.
Arif, W. F. (2019). Uji Coba Warna Daun Sirih Merah Dengan Teknik Pounding Dan Steam. Jurnal Seni Rupa, 7(2), 73-80.
Badriah, I., Saefuddin, A., & Muhamadi, S. (2021). Penerapan Media Poster untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 7(1), 49-58. doi: https://doi.org/10.46963/mpgmi.v7i1.172
Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infografis (Materi Dinamika Atmosfer). Jurnal geoedusains, 1(1), 27-41. doi:https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i1.183
Dityatulloh, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Pada Mata Pelajaran Sensor Dan Aktuator Kelas XI Tei SMK Negeri 1 Labang Bangkalan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2), 166-173. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Dolong, M. J. (2016). Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 293-300. doi: https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3484
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182. doi:http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal jendela pendidikan, 1(02), 48-60.
Fitri, I., & Fatisa, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 181-190. doi:http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7888
Hamzah, I., & Mentari , S. (2017). Development of Accounting E-Module to Support the Scientific Approdach of Students Grade X Vocational High School. Journal of Accounting and Business Education, 2(1), 78-88. doi:http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i1.9751.
Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148-156.
Khayati, F., Sujadi, I., & Saputro, D. (2016). Pengembangan Modul Matematika untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 608-621. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/9167.
Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., Kusumahwardani, D., Wijayanti, D., & Irhamudzikri, I. (2021). Respon guru terhadap kendala proses pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40-46.
Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.
Nuralita, A. (2020). Analisis penerapan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Pembelajaran Tematik SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(1), 1-8.
Nurdiana, N. (2021). Penerapan Media Poster Materi Mematuhi Peraturan Perundang-Undangan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII H Di SMPN15 Kota Serang. Untirta Civic Education Journal, 6(2).
Parmin, & Fibriana, F. (2019). Prospective Teachers’ Scientific Literacy through Ethnoscience Learning Integrated with the Indigenous Knowledge of People in the Frontier, Outermost, and Least Developed Regions. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 5(2), 42-154. doi: http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v5i2.6257.
Perwitasari, T., Sudarmin, S., & Linuwih, S. (2016). Peningkatan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Energi Dan Perubahannnya Bermuatan Etnosains Pada Pengasapan Ikan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 62-70.
Rahmawati, R., Rahmah, S. F., Mahda, D. R., Purwati, T., Utomo, B. S., & Nasution, A. M. (2021, February). Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Pandemik Melalui Media Poster. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Rizawayani, Sari, S., & Safitri , R. (2017). Pengembangan Media Poster Pada Materi StrukturAtom Di Sma Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 127-133. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8435
Rosnidar, Yusrizal, Mustafa, & Susanna. (2021). Application of Discovery Learning Model in Increasing Student Interest and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 542-548. doi: 10.29303/jppipa.v7i4.745
Sambora, T. R. (2017). Kebijakan Sekolah Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 6(5), 491-502. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52651
Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Wahana Matematika dan Sains : Jurnal Matematika,Sains, dan Pembelajarannya, 13(1), 27-39. doi:http://dx.doi.org/10.23887/wms.v13i1.17146
Satria, T., & Egok, A. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 4(1), 13-21. doi:: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.382
Septiani, D., & Listiyani, L. (2021). Inovasi Modul Etnosains: Jamu Tradisional Sebagai Pembelajaran Berbudaya dan Melek Sains. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 288-297. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.292
Setyono , T., Afri, L. E., & Deswita, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan MenggunakanMacromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP . e jurnal Universitas Pasir Pangaraian, 1-10.
Smaldino, S., Lowther, D., & Russell, J. (2012). Instructional Technology and Media for Learning. Jakarta: Kencana.
Sukoco. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 216-226. doi:https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8937.
Sumartono, S., & Astuti, H. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(1).
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-115. doi:https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Ulya, Z., Iskandar, A., & Triasih, F. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media poster terhadap pengetahuan manajemen hipertensi pada penderita hipertensi. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 38-46.
Yani, A., Saputra, B., & Jurnal, R. T. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Siswa Dan Kehadiran Guru Berbasis Web. PETIR, 11(2), 107-124.
Yusandika, A., Istihana, & Susikawati, E. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 187-196. doi:https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3593
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i2.13079
Article Metrics
Abstract view : 1828 timesPDF - 1179 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email : [email protected]
QUANTUM Journal Indexed by :
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License