PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA

Suci Nanda, Fathul Zannah, Agung Riadin

Abstract


Salah satu masalah pendidikan yang ada pada saat ini yaitu pada proses pembelajaran yang hanya menekankan peserta didik untuk menghafal berbagai informasi tanpa bisa mengaitkannya dengan kehidupan sehari – hari. Melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing, peserta didik dapat mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik secara seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDN 1 Panarung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest – posttest control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 1 Panarung dengan taraf signifikan  < 0,05 atau 0,007 < 0,05.

Keywords


model inkuiri; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Adiputra, D. K. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI di SD Negeri Cipete 2 Kecamatan Curug Kota Serang. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 1(1), 22-34.

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468

Cresswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Lincoln: Pearson.

Damayanti, I. (2014). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-12. 4

Murhadi, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Bulukumba (Skripsi, Universitas Negeri Makassar).

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Predana Media Group.

Simanungkalit, R. H. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 12 Pematangsiantar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 39-56. http://dx.doi.org/10.30651 /must.v1i1.96

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & R&D. Bandung : CV ALFABETA.

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1). Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/3185

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.22 81

Zulvawati, A., Isnaini, M., & Imtihana, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Islam Di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 62-67. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf. v1i1.3011




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i2.13697

Article Metrics

Abstract view : 412 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License