PROJECT BASED LEARNING: SUATU UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Dewi Nur Rohmatin, Titin Masfingatin, Catur Wahyu Widodo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-C SMPN 2 Baron, Kabupaten Nganjuk. Analisis data hasil penelitian meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data penelitian ini diperoleh dari lembar observasi keterampilan komunikasi, angket keterampilan komunikasi dan tes evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa.  

Keywords


project based Learning; keterampilan komunikasi, hasil belajar, ipa

Full Text:

PDF

References


Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research , 546-555.

Haryanti, A., & Sumarwa, I. R. (2018). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika , 49-54.

Iftitahurrahimah, Andayani, Y., & Al Idrus, S. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. J. Pijar MIPA , 7-12.

Kristanti, Y. D., Subiki, & Handayani, R. D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika , 122-128.

Languju, M., Syaikhu, A., & Nadar, W. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal melalui Project Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, (hal. 74-82). Jakarta Timur.

Maliasih, Hartono, & Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi PetaKonsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan , 222-226.

Maridi, Suciati, & Permata, B. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMA. Bioedukasi : Jurnal Pendidikan Biologi , 182-188.

Melinda, v., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai , 1526-1539.

Musa, F., Mufti, N., Latiff, R. A., & Amin, M. M. (2011). Project Based Learning: Promoting Meaningful Language Learning for Workplace Skills. Procedia Social and Behavioral Sciences , 187-195.

Ni'mah, F. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Disertai Media Video untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Profesi Keguruan , 43-59.

Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik , 50-58.

Ramanda, J., Wahyuni, Y. S., & Erningsih. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Metode Diskusi Kelompok di Kelas XI IPS 2 Taruna SMAN 1 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai , 3612-3624.

Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia , 74-81.

Simon, R. (2016). Keterampilan Komunikasi Guru Kelas Pada Pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia di SD Negeri. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3218-3226.

Ulfa, A., Indrowati, M., & Maridi. (2019). Perbandingan Keterampilan Komunikasi Oral Siswa melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Reciprocal Teaching (RT) dalam Pembelajaran Biologi. Bio Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8, 111-119.

Wahyudi, Widoretno, S., & Sugiharto, B. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Oral Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 22 Surakarta TahunPelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi, IV, 30-35.

Wilkes, G. L. (2012). The Importance of Oral Communication Skills an a Graduate Course to Help Improve These Skills. Blacksburg: Virginia Tech.

Yani, L. I., & Taufik, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Inovasi Pembelajaran SD , 70-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v14i2.16292

Article Metrics

Abstract view : 295 times
PDF - 714 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License