PROJECT BASED LEARNING: SUATU UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research , 546-555.
Haryanti, A., & Sumarwa, I. R. (2018). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika , 49-54.
Iftitahurrahimah, Andayani, Y., & Al Idrus, S. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. J. Pijar MIPA , 7-12.
Kristanti, Y. D., Subiki, & Handayani, R. D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika , 122-128.
Languju, M., Syaikhu, A., & Nadar, W. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Verbal melalui Project Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, (hal. 74-82). Jakarta Timur.
Maliasih, Hartono, & Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi PetaKonsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan , 222-226.
Maridi, Suciati, & Permata, B. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMA. Bioedukasi : Jurnal Pendidikan Biologi , 182-188.
Melinda, v., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai , 1526-1539.
Musa, F., Mufti, N., Latiff, R. A., & Amin, M. M. (2011). Project Based Learning: Promoting Meaningful Language Learning for Workplace Skills. Procedia Social and Behavioral Sciences , 187-195.
Ni'mah, F. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Disertai Media Video untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Profesi Keguruan , 43-59.
Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik , 50-58.
Ramanda, J., Wahyuni, Y. S., & Erningsih. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Metode Diskusi Kelompok di Kelas XI IPS 2 Taruna SMAN 1 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai , 3612-3624.
Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia , 74-81.
Simon, R. (2016). Keterampilan Komunikasi Guru Kelas Pada Pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia di SD Negeri. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3218-3226.
Ulfa, A., Indrowati, M., & Maridi. (2019). Perbandingan Keterampilan Komunikasi Oral Siswa melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Reciprocal Teaching (RT) dalam Pembelajaran Biologi. Bio Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8, 111-119.
Wahyudi, Widoretno, S., & Sugiharto, B. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Oral Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 22 Surakarta TahunPelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi, IV, 30-35.
Wilkes, G. L. (2012). The Importance of Oral Communication Skills an a Graduate Course to Help Improve These Skills. Blacksburg: Virginia Tech.
Yani, L. I., & Taufik, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Inovasi Pembelajaran SD , 70-82.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v14i2.16292
Article Metrics
Abstract view : 295 timesPDF - 714 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email : [email protected]
QUANTUM Journal Indexed by :
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License