MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI GENETIKA DENGAN MEDIA KANCING MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
Abstract
Abstract. This study aims to determine the increase student activity on Genetic material at class IX A SMP Negeri 13 Banjarmasin. This research is a classroom action research conducted in 2 cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation/evaluation and analysis/reflection. The subjects of the study were the students of class IX A of SMP Negeri 13 Banjarmasin, amounting to 32 students. Techniques of collecting data using test and observation. The results showed that the achievement of science learning especially genetic material using NHT model increased from 63.8 in cycle I to 90.3 in cycle II. Achievement of science learning especially genetic material using NHT model increased its completeness by classical from 44% in cycle I to 96,9% in cycle II. Student activity increased from 43 (active) in cycle I to 84 (very active) in cycle II. Activity of teachers from 33 (active) in cycle I to 40 (active) in cycle II. Student responses were positive or agreed 89% with use of the NHT model on Genetic material. Students respond positively to learning using NHT method and buttons media.
Keywords: student activities, NHT model, genetics material
Full Text:
PDFReferences
Anita Lie. (2005). Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.
Badan Standar Nasional Pendidikan (2013). Permendikbud RI Nomor 103 Tahun 2014 tentang Standar Pembelajaran kurikulum 2013. Jakarta.
Faqih dan Santoso. (2015). Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mata pelajaran perakitan komputer siswa kelas X RPL 1 SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Jurnal UNY, 4(1).
Firdaus dan Fauzan. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada konsep Ekosistem bagi siswa kelas VII A SMPN 5 Takalar Makasar. Jurnal Chemica, 12(1), 40 – 46.
Gustaviana dan Yunansah. (2013). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada konsep energi dan perubahannya, Program Studi PGSD Kampus Cibiru Universitas Pendidikan Indonesia. Antologi ...., 1(2).
Lubis, Lufri dan Ahda. (2016). Peningkatan aktivitas dan kompetensi belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS di kelas VII MTS Muhammadiyah 22 Padang Sidimpuan. Jurnal Eksakta, 1.
Mulyana, Hanifah dan Jayadinata. (2016). Penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Setiawati, Kurniasih dan Fitriani. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada materi Laju Reaksi Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 4(2).
Sri Rahayu Lestari. (2011). Penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dengan metode Demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi materi Sistem Gerak Manusia pada siswa Kelas XIIPA I SMA Sejahtera Prigen Pasuruan. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematlka dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.
Suharsimi, A., Suhardjono & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Syarfuni dan Suryati. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Keliling dan Luas Jajar Genjang Siswa Kelas IV SDN 32 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa.
Wahyuningrum, Pujayanto, Harjunowibowo. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa. Jurnal Penelitian UNS.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v8i1.3855
Article Metrics
Abstract view : 735 timesPDF - 3095 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email : [email protected]
QUANTUM Journal Indexed by :
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License