Bimbingan Pembuatan Proposal PTK Bagi Guru Peserta MGMP Matematika Kota Banjarmasin

Hidayah Ansori, Sutarto Hadi, Rizki Amalia, Maulida Fitri

Abstract


Upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses belajar mengajar di kelas harus selalu dilakukan. Salah satu upaya tersebut ialah dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan untuk membimbing guru khususnya peserta MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Matematika SMA Kota Banjarmasin dalam pembuatan proposal PTK. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman dan mengingat kembali tentang PTK. Subjek dalam pengabdian ini adalah Guru Matematika MGMP Matematika SMA Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan yaitu menjelaskan kepada peserta pelatihan mengenai konsep dasar PTK, membimbing peserta membuat draf proposal PTK, mendiskusikan kesulitan dalam pembuatan proposal PTK, membimbing peserta memperbaiki proposal PTK dan menghasilkan proposal PTK yang dapat digunakan untuk penelitian. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa bimbingan pembuatan proposal PTK untuk guru peserta MGMP Matematika SMA Kotamadya Banjarmasin sudah dilaksanakan dengan lancer. Kegiatan ini sangat mendukung peningkatan kemampuan guru dalam rangka meningkatkan produktivitas pendidikan dengan pembuatan proposal PTK. Guru-guru mulai mengingat dan memahami kembali materi PTK dan menghasilkan proposal PTK.

Efforts to improve and improve the quality of teaching and to learn in class must always be made. One such effort is to carry out Classroom Action Research (CAR). Therefore, training needs to be held to guide teachers, especially Mathematics MGMP (Subject Teachers' Meeting) participants in Banjarmasin City High School, in making PTK proposals. The purpose of this service is to provide understanding and recall about CAR. The subject of this service is the Mathematics Teacher of Mathematics MGMP in Banjarmasin City High School. The method used is to explain to the trainees about the basic concepts of CAR, guide participants to draft a CAR proposal, discuss the difficulties in making a CAR proposal, guide participants to improve the CAR proposal and produce a CAR action proposal that can be used for research. Community Service Activities in the form of guidance on PTK proposals for teachers participating in the MGMP Mathematics in Banjarmasin Municipality in Banjarmasin have been carried out smoothly. This activity is very supportive of improving the ability of teachers in order to increase educational productivity by making CAR proposals. The teachers begin to remember and re-understand the CAR material and produce a CAR proposal.


Keywords


bimbingan; proposal PTK

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19.

Bhoga, V. U. (2014). Kajian pelaksanaan penelitian tindakan kelas oleh guru-guru SD di Kecamatan Jerebu. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 27–36.

David, H. (2011). Panduan guru, penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewantara, D., Zainuddin, Z., Wati, M., Suyidno, S., Misbah, M., Haryandi, S., … Munir, M. J. M. (2020). Training and assistance in preparing class action research proposals for science teachers in Hulu Sungai Tengah regency. Indonesian Journal of Science and Education, 4(1), 30–34.

Kunandar. (2011). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mastuang, M., Mahtari, S., Salam, A., Susilowati, E., Rizki, M., & Ramadhan, R. (2020). Pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru-guru fisika di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61–65.

Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi penelitian tindakan kelas bagi peningkatan profesionalitas guru antara cita dan fakta. Realita, 15(2), 1–22.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Sosial Humaniora (JSH, 5(2), 206–218.

Sudibyo, D. (2013). Profil kompetensi guru bahasa inggris dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di Kabupaten Sorong. Jurnal Pendidikan, 1(2), 6–13.

Zainuddin, Z., Dewantara, D., Wati, M., Misbah, M., Suyidno, S., Haryandi, S., … Munir, M. J. M. (2019). Pelatihan dan pendampingan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru IPA di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–84.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.1791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats