Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru-Guru MGMP Bahasa Inggris Tingkat SMP Kabupaten Tanah Laut

Rina Listia, Noor Eka Chandra, Eka Puteri Elyani

Abstract


Bahasa Inggris di SMP berisi tentang teks singkat tentang deskripsi, naratif, dan prosedural. Idealnya, para siswa diberikan teks bahan ajar yang dekat dengan kehidupan mereka. Kearifan lokal yang ada pada daerah siswa dapat menjadi media belajar yang otentik bagi siswa. Di sisi lain, guru-guru Bahasa Inggris, khususnya pada jenjang SMP di Kabupaten Tanah Laut sebagian besar belum terbiasa mengembangkan bahan ajar yang bermuatan kearifan lokal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan agar guru-guru Bahasa Inggris yang ada di Kabupaten Tanah Laut dapat memodifikasi, membuat, dan mengaplikasikan bahan ajar berbasis kearifan lokal daerahnya dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Guru-guru Bahasa Inggris SMP yang tergabung dalam MGMP Bahasa Inggris se-Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah 50 orang.  Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini adalah kualitatif. Hasil pelatihan ini berupa bahan ajar yang meliputi teks deskriptif, naratif, dan prosedural berbasis kearifan lokal Kabupaten Tanah Laut. Bahan ajar dibuat oleh para guru MGMP Bahasa Inggris tingkat SMP Kabupaten Tanah laut. Bahan ajar yang dihasilkan oleh para guru adalah berupa 3 tipe teks bacaan yang dipelajari siswa pada level SMP dan sesuai dengan kearifan lokal yang ada di KabupatenTanah Laut. Teks-teks yang dihasilkan diaplikasikan pada proses pengajaran dan pembelajaran di dalam kelas oleh guru-guru Bahasa Inggris di Kabupaten Tanah Laut. Jadi, ketersediaan dan pengaplikasian bahan ajar yang berupa teks-teks bermuatan kearifan lokal yang dibuat oleh para guru memudahkan siswa dalam proses belajar secara otentik dan juga memudahkan siswa dalam menerapkan pengetahuan sesuai dengan keadaan dan lingkungan di Kabupaten Tanah Laut.  


English in junior high contains short texts on description, narrative, and procedural. Ideally, students are given the text of teaching materials that are close to their lives. Local wisdom in the student area can be an authentic learning medium for students. On the other hand, English teachers, especially on junior high school level in Tanah Laut Regency, are mostly not accustomed to developing teaching materials related to local wisdom.  This community is aimed to give opportunity to English teachers in Tanah Laut Regency to modify, create, and apply local wisdom teaching materials in the teaching and learning process. 50 English teachers of junior high school are members of English MGMP of junior high school in Tanah Laut Regency. The method used in this community service is qualitative. The workshop's result is in the form of teaching materials, which include descriptive, narrative, and procedural texts based on local wisdom of Tanah Laut Regency. Teaching materials were created by English teachers of English MGMP of junior high school in Tanah Laut Regency. The resulting texts are implemented in the teaching and learning process in the classroom by English teachers in Tanah Laut Regency. Teaching materials produced by the English teachers are in the form of three genres of reading texts that students learn on the level of junior high school, and they are also in accordance with the local wisdom in Tanah Laut Regency. English teachers of junior high school apply the resulting texts on the teaching and learning process in the classroom. It can be concluded that the availability and application of teaching materials in the form of local wisdom texts created by English teachers enable students to learn materials authentically and also help students apply the knowledge that fits with the condition and environment in Tanah Laut Regency. 


Keywords


Bahasa Inggris; bahan ajar; kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Daniah, D. (2016). Kearifan lokal (local wisdom) sebagai basis pendidikan karakter. Pionir Jurnal Pendidikan, 5, 1–14.

Dewi, K. T. (2019). Developing local wisdom based digital storytelling through blended learning method as an innovative media for teaching writing at eight grade students of SMP Negeri 2 Singaraja. Yavana Bhāshā: Journal of English Language Education, 2, 35–46.

Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train Saraba Kawa characters. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137.

Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., Syubhan, A., & Saiyidah, M. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. Journal of Physics: Conference Series, 1088.

Hartini, S., Misbah, M., Helda, H., & Dewantara, D. (2017). The effectiveness of physics learning material based on South Kalimantan local wisdom. AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1063/1.4995182

Ibrahim, M. (2014). Inovasi pembelajaran sains berbasis kearifan lokal. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional FPMIPA IKIP MATARAM 2014. Makalah Prosiding Hal. Xv –Xxiv.

Mascita, D. E., & Rosmayati, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Teks Anekdot Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Kelas X Sma. Jurnal Tuturan, 7(1), 803.

Misbah, M., Hirani, M., Annur, S., Sulaeman, N. F., & Ibrahim, M. A. (2020). The Development and Validation of a Local Wisdom-Integrated Physics Module to Grow the Students’ Character of Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(1), 1.

Mungmachon, R. M. (2012). Knowledge and local wisdom: Community treasure. International Journal of Humanities and Social Science, 2, 174–180.

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272–285.

Prastowo, A. (2016). Pengembangan bahan ajar tematik tinjauan teoritis dan praktis. Jakarta: Kencana.

Santosa, A. B., Basuki, Y., & Puspita, A. M. I. (2019). The Effectiveness of Local Wisdom-Based Teaching Materials in Enhancing Creative Writing Skills of Elementary School Students. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 4(3), 349.

Sibarani, R. (2012). Kearifan lokal: Hakikat, peran, dan metode tradisi lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan (ATL.

Sumarmi, & Amiruddin. (2014). Pengelolaan lingkungan berbasis kearifan lokal. Malang: Aditya.

Tanjung, P., Daulay, S., & Ghafari, O. F. (2018). The Development of Local Wisdom of Labuhanbatu Based on Teaching Material of Descriptive Text for 7th Grade Student at SMP Negeri 1 Bilah Barat, Indonesia. International Journal of Education, Learning and Development, 6(1), 80–92.

Wati, M, Rizka Putri, M., Misbah, M., Hartini, S., & Mahtari, S. (2020). The development of physics modules based on madihin culture to train kayuh baimbai character. Journal of Physics: Conference Series.

Wati, Mustika, Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Hulu Sungai Selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats