Pengaplikasian Pompa Air Otomatis di Pasar Sudimampir sebagai Bentuk Dukungan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19
Abstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah pengaplikasian pompa air otomatis di pasar Sudimampir sebagai bentuk dukungan pencegahan penyebaran virus covid-19 di daerah Banjarmasin serta mengedukasi masyarakat/ pengunjung pasar mengenai tata cara cuci tangan yang benar melalui papan informasi yang dipasang pada tempat yang ditentukan. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah dinas perhubungan wilayah pasar lima (sudimampir) dikarenakan tempat pengaplikasian pompa tersebut ada di depan dermaga/ pelabuhan yang termasuk tempat dengan aktivitas yang cukup tinggi di wilayah tersebut. Metode kegiatan yang digunakan meliputi: 1) observasi awal, 2) pengaplikasian kegiatan, 3) evaluasi, dan 4) refleksi. Evaluasi dilakukan secara kuantitatif menggunakan instrumen angket respon mitra dan pengunjung pasar terhadap kegiatan yang dilakukan. Adapun hasil kegiatan pengabdian ini berupa: 1) terpasangnya pompa air otomatis dan papan informasi tata cara mencuci tangan yang baik dan benar di daerah pasar serta 2) respon mitra dan pengunjung pasar terhadap kegiatan yang dilakukan 88,88% termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 3,56 dari skor maksimal rata-rata 4. Indikator respon ini dilihat dari: 1) 86,67% termasuk dalam kategori sangat baik dalam keahlian dan kesiapan dari tim dalam kegiatan, 2) 92,50% termasuk dalam kategori sangat baik dari segi kegunaan dari alat yang diaplikasikan, 3) 97,50% termasuk dalam kategori sangat baik dalam kesesuaian dengan kebutuhan masyarakat, dan 4) 78,75% termasuk dalam kategori baik dalam hal kesesuaian kegiatan dengan harapan masyarakat (mitra dan pengunjung).
This activity aims to apply an automatic water pump in the Sudimampir market to prevent the spread of the Covid-19 virus in the Banjarmasin and educate the public/market visitors about washing hand procedures through information on a board installed someplace. The partner of this service activity is the Department of Transportation of the Pasar Lima area (Sudimampir) because the pump application location is in front of the pier/port, a place with quite high activity in the area. The activity methods used include 1) initial observation, 2) application of activities, 3) evaluation, and 4) reflection. The evaluation is used quantitatively using a questionnaire instrument of the responses of partners and market visitors to the activities carried out. The results of this service include 1) the installation of an automatic water pump and an information board for proper and correct handwashing procedures in the market area and 2) the response of partners and market visitors to the activities carried out by 88.88% including in the very good category with a score an average of 3.56 from the average maximum score 4. This response indicator is seen from: 1) 86.67% is included in the very good category that showed the expertise and readiness of the team in activities, 2) 92.50% is included in the category very good that showed terms of the usefulness of the tools applied, 3) 97.50% is included in the very good category that showed accordance with community needs, and 4) 78.75% is in the good category that showed terms of the suitability of activities with community expectations (partners and visitors).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, M. A., Gani, H. A., & Istiaji, E. (2015). Dukungan tokoh masyarakat dalam keberlangsungan desa siaga di desa kenongo kecamatan gucialit kabupaten lumajang. Jurnal Pustaka Kesehatan, 3(3), 522–529.
Budiardjo, M. (2019). Dasar-dasar ilmu politik. PT. Gramedia Pustaka.
Davies, P. D. O. (2002). Multi-drug resistant tuberculosis. CPD Infection, 3(1), 9–12.
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. (2020). Informasi Terbaru Covid-19 di Kalimantan Selatan.
Erowati, D., Prasetyo, K. B., Astuty, S., & Anggraeni, T. (2020). Peran organisasi perempuan dalam penguatan social capital melawan pandemi covid-19 (studi pada gerakan kampanye sosial persit kartika chandra kirana xxxix kabupaten pati jawa tengah). Umbara, 5(1), 30. https://doi.org/10.24198/umbara.v5i1.28056
Ihsanuddin. (2020). Fakta lengkap kasus pertama virus corona di indonesia. Kompas.
Kasih, L. C., Rachmah, R., Rahmawati, R., Jufrizal, J., & Mahdarsari, M. (2020). Cegah penularan covid-19 dengan menjaga kebersihan tangan pada panti di wilayah banda aceh. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 191–197. https://doi.org/10.30651/hm.v1i3.5657
Rahmawati, N. M., Putri, S. N. Y., Burohman, D. A., Kelilauw, A. S., Wijaya, I. K., Lamury, F. F., & Atika, N. (2021). Sosialisasi peduli lingkungan dan pencegahan covid–19 melalui pengadaan tempat sampah, hand sanitizer, dan tempat cuci tangan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 19–28.
Ruswanto, R., Nurviana, V. N., Febianeu, D., Anggitha, M., Deliani, D., Triyani, G. Y., & Muhsin, R. (2021). Penerapan 6m dan pentingnya cuci tangan yang baik dan benar sebagai upaya pencegahan penularan covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2459–2467.
Sinaga, L. R. V, Munthe, S. A., & Bangun, H. A. (2020). Sosialisasi perilaku cuci tangan pakai sabun di desa sawo sebagai-bentuk kepedulian terhadap masyarakat ditengah mewabahnya virus covid-19. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 19–28.
Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik covid-19: analisis perencanaan pemerintah dan masyarakat dalam berbagai upaya pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695
World Health Organization. (2020). Q & A on Coonaviruses (Covid-19).
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.2492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |