Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasiskan Keterampilan (Skill-Based) dengan Menggunakan Teknologi

Rina Listia, Noor Eka Chandra, Elsa Rosalina, Eka Puteri Elyani

Abstract


Pendidikan tak bisa lepas dari proses belajar mengajar karena sejatinya pendidikan adalah wadah resmi untuk mendapat ilmu. Revolusi Industri 4.0 dan tren pengajaran Abad 21 membuat semua guru dan para pendidik harus memperbaharui cara mengajar mereka. Proses pengajaran yang erat kaitannya dengan subjek pengajaran membuat para pendidik harus senantiasa belajar lebih dalam tentang teknologi dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran dalam jaringan (online) datang sebagai solusi, dan teknologi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari tren pembelajaran baru ini. Pembelajaran dalam jaringan (online) ini menjadi sangat dibutukan dalam beberapa waktu terakhir dikarenakan adanya wabah COVID-19. Pendidikan terdampak dengan adanya peraturan LFH (learning from home) dan WFH (work from home). Dampaknya, keadaan ini memaksa para guru melakukan pengajaran jarak jauh/online yang tentu saja tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi. Pembelajaran dalam jaringan (online) memerlukan bahan ajar yang cocok serta bahan ajar yang dapat dibuat melalui bantuan teknologi. Guru-guru Bahasa Inggris yang mengajar di SMK Banjarbaru masih kekurangan informasi mengenai penyusunan bahan ajar Bahasa Inggris berbasiskan keterampilan (skill-based) yang menggunakan teknologi sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan langkah untuk melakukan pendampingan pada para guru untuk dapat mendesain bahan ajar yang sesuai dengan subjek pelajaran pada siswa SMK yang berbasis keterampilan dengan bantuan teknologi. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu berupa penyampaian tentang materi bahan ajar, kemudian praktik pembuatan bahan ajar dan evaluasi dari bahan ajar yang dihasilkan para peserta selama pelatihan oleh narasumber. Sasaran dari kegiatan ini yaitu para guru Bahasa Inggris yang mengajar di SMK se-kota Banjarbaru yang berjumlah 35 peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berupa bahan ajar bahasa Inggris yang mengintegrasikan teknologi didalamnya yang dibuat oleh para peserta.

 

Education cannot be separated from the teaching and learning process because education is an official place to gain knowledge. The Industrial Revolution 4.0 and the 21st Century teaching trends make all teachers and educators have to update their teaching methods. The teaching process which is closely related to the teaching subject makes teachers and educators constantly learn more about technology in the teaching and learning process. Online learning is coming as a solution, and technology is an integral part of this new learning trend. Online learning has become very necessary in recent times due to the COVID-19 outbreak. Education is impacted by the existence of LFH (learning from home) and WFH (work from home) regulations. As a result, this situation forces teachers to conduct distance/online teaching which of course cannot be separated from the use of technology. Online learning requires suitable teaching materials and teaching materials that can be made through technology assistance. English teachers who teach at SMK Banjarbaru still lack information about the preparation of skill-based English teaching materials that use technology so that the existence of this community service activity is a step to provide assistance to teachers to be able to design appropriate teaching materials with the subject of skills-based vocational school students with the help of technology. The methods used for this training are first explaining about teaching material, second, practice to make teaching material which integrated with technology, and last, evaluation from the speaker to fix the teaching materials which is made by the participants. The participants for this community service are 35 English vocational high school teachers in Banjarbaru. The result of this community service was teaching materials which integrated with technology designed by the participants.


Keywords


Bahan Ajar Bahasa Inggris; Pembelajaran Dalam Jaringan (Online); Skill-Based; Teknologi

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan bahan ajar. In Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar untuk Mendukung Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pp. 1–11). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/283042709_Penulisan_Bahan_Ajar

Bakhtiar, D. (2016). Bahan ajar berbasis kearifan lokal terintegrasi stm (sains, teknologi, dan masyarakat) pada mata pelajaran fisika. jurnal pembelajaran fisika, 4(5), 650–660.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Dewantara, D., Wati, M., Mahtari, S., & Haryandi, S. (2020). Blended learning to improve learning outcomes in digital electronics courses. 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019), 188–190. Atlantis Press. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200219.054

Dewantara, D., Wati, M., Misbah, M., Mahtari, S., & Haryandi, S. (2020). The effectiveness of game based learning on the logic gate topics. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1), 12045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012045

Fitriani, H., Situmorang, M., & Darmana, A. (2017). Pengembangan bahan ajar inovatif dan interaktif melalui pendekatan sainstifik pada pengajaran larutan dan koloid. Jurnal Edukasi Kimia (JEK, 2(1), 48–53.

Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102

Herianto, E. (2014). E-Learning, implementasi teknologi di era belajar: Kajian pada mata kuliah kurikulum pkn di jurusan pips fkip universitas mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP, 20(1), 01–08.

Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2017). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis android sebagai media interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65.

Misbah, M., Khairunnisa, Y., Amrita, P. D., Dewantara, D., Mahtari, S., Syahidi, K., … Deta, U. A. (2021). The effectiveness of introduction to nuclear physics e-module as a teaching material during covid-19 pandemic. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1760, No. 1, p. 012052). IOP Publishing. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1760/1/012052/meta

Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat perangkat pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Rosalina, E., Nasrullah, & Elyani, E. P. (2019). Teacher’s challenges towards online learning in pandemic era. LET: Linguistics, Literature and Language Teaching Journal, 9(2), 154–180.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Asyharinur, A. (2020). Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.2742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats