Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak-anak di Masa Pandemi

Dwimei Ayudewandari Pranatami, Hafidha Asni Akmalia, Ndzani Latifatur Rofiah

Abstract


Kemunculan virus Corona yang diawali dari tahun 2020 lalu membuat semua segi kehidupan terdampak. Penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk menekan angka kasus covid-19 di Indonesia. Tujuan dilaksanakan edukasi pola hidup bersih dan sehat pada anak-anak adalah untuk membimbing agar anak-anak lebih sadar dan berhati-hati dalam melakukan kegiatan di tengah pandemi sebagai bentuk pencegahan terhadap virus Corona. Pada kegiatan ini dilakukan edukasi terhadap anak-anak dengan metode pemberian materi, games dan praktik mencuci tangan dengan benar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 90% anak dapat menjawab pertanyaan dan menyusun kata terkait pola hidup bersih dan sehat sehingga anak-anak mengetahui cara cuci tangan dengan baik, memilah sampah dan menjaga perilaku hidup sehat di rumah, di lingkungan serta di sekolah. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat secara umum untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat demi meminimasilasi dan mencegah penularan virus Corona; membantu pemerintah dalam menggalakkan program pola hidup bersih dan sehat di masa pandemi; dan menginisiasi keberlanjutan program pola hidup bersih dan sehat di masyarakat.

 

The emergence of the Coronavirus, which began in 2020, has affected all aspects of life. Implementing health protocols is one of the most effective ways to reduce the number of COVID-19 cases in Indonesia. The purpose of implementing clean and healthy lifestyle education for children is to guide them so that they are more aware and careful in carrying out activities during a pandemic as a form of prevention against the Coronavirus. In this activity, education was carried out for children to provide materials, games, and direct practice. After attending the education, the children become aware of washing their hands, sorting waste, and maintaining a healthy lifestyle at home, in the neighbourhood, and at school. This activity is also expected to encourage public awareness, in general, to implement a Clean and Healthy Lifestyle to minimize and prevent the transmission of the Coronavirus; assist the government in promoting the Clean and Healthy Lifestyle program during the pandemic, and initiate the sustainability of the Clean and Healthy Lifestyle program in the community.

 


Keywords


Edukasi; Pola Hidup Bersih Dan Sehat; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Diana, F. M., Susanti, F., & Irfan, A. (2014). Pelaksanaan program perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) di sd negeri 001 tanjung balai karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 46–51.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. (2013). Profil Perilaku hidup bersih dan sehat. Profil Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, 36, 3.

Green, L.W. and Kreuter, M.W. 2005. Health program planning: an educational and ecological approach. 4th edition. NY: McGraw-Hill Higher Education.

Julianti, R., Nasirun, & Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan PHBS di lingkungan sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 11–17.

Kanro, R., Yasnani, & Syawal Kamiluddin Saptaputra. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia sekolah dasar negeri 08 Moramo Utara desa Wawatu kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2016. J Kesimkesmas Jurnal Ilmiah Mahasiswaehatan Masyarakat, 2(6), 1–10.

Kementerian Kesehatan RI. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. In Peraturan Menteri Kesehatan No. 2406 TAHUN 2011 tentang Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik.

Prihanti, G. S., Lista, D. A., Habibi, R., Arsinta, I. I., Hanggara, S. P., Galih, R. P., & Sinta, F. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat perilaku hidup bersih dan sehat pada tatanan rumah tangga di wilayah kerja puskesmas poned x. Saintika Medika: Jurnal Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Keluarga, 14(1), 7-14.

Raksanagara, A., & Raksanagara, A. (2016). Perilaku hidup bersih dan sehat sebagai determinan kesehatan yang penting pada tatanan rumah tangga di kota bandung. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.24198/jsk.v1i1.10340

Tabi’in, A. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) Pada anak usia dini sebagai upaya pencegahan covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620

Usoh, J. A., & Kandou, G. D. (2019). Hubungan antara pengetahuan dan sikap siswa dengan tindakan perilaku hidup bersih dan sehat di sd negeri tumbak kecamatan pusomaen kabupaten minahasa tenggara. EBiomedik, 7(2), 150–155. https://doi.org/10.35790/ebm.7.2.2019.26547

Wati, P. D. C. A., & Ridlo, I. A. (2020). Hygienic and healthy lifestyle in the urban village of rangkah surabaya. Jurnal PROMKES, 8(1), 47. https://doi.org/10.20473/jpk.v8.i1.2020.47-58




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.3643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats