Pelatihan Penggunaan SIMARI dalam Perkuliahan Jarak Jauh bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Universitas Lambung Mangkurat

Utomo Utomo, Dewi Ekasari Kusumastuti, Farah Dhafiya, Muhammad Amin

Abstract


Sistem Informasi Universitas Lambung Mangkurat Terintegrasi merupakan kepanjangan dari SIMARI. SIMARI digunakan oleh Universitas Lambung Mangkurat untuk memfasilitasi para dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang terintegrasi. Namun, dalam pelaksanaannya, mahasiswa berkebutuhan khusus mengalami kesulitan untuk menggunakan SIMARI. Hal ini dikarenakan keberagaman hambatan yang dialami oleh mahasiswa berkebutuhan khusus, seperti hambatan penglihatan, pendengaran, lamban belajar, autis, ADHD dan hambatan fisik dan motorik. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melatih penggunaan SIMARI dalam perkuliahan jarak jauh mahasiswa berkebutuhan khusus. Metode pelaksanaan kegiatan ini dalam bentuk pelatihan melalui tahapan ceramah bervariasi, demonstrasi dan latihan dengan melibatkan 29 orang mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Lambung Mangkurat beserta 17 orang volunteer pada bulan agustus 2022. Hasil evaluasi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan penggunaan SIMARI terbukti dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan SIMARI pada perkuliahan jarak jauh.

 

Integrated Lambung Mangkurat University Information System is an extension of SIMARI. Lambung Mangkurat University uses SIMARI to facilitate lecturers and students in implementing integrated distance learning. However, in practice, students with special needs have difficulty using SIMARI. This is due to the diversity of obstacles experienced by students with special needs, such as visual, hearing, slow learning, autism, ADHD, and physical and motoric barriers. This community service aims to train the use of SIMARI in online lectures for students with special needs. The method for implementing this activity is through training through the stages of lectures, discussions, and hands-on practice involving 29 students with special needs at Lambung Mangkurat University, along with 17 volunteers, in August 2022. The evaluation results of this activity show that training in the use of SIMARI is proven to increase the knowledge and skills of students with special needs in using SIMARI in online lectures.


Keywords


Mahasiswa berkebutuhan khusus; Pelatihan; Perkuliahan Jarak Jauh; Simari

Full Text:

PDF

References


Batari, M. (2021). 7 Kelebihan menggunakan moodle untuk CBT online. Diperoleh tanggal 8 Juni 2021 dari https://www.exab-ytes.co.id-/blog/kelebihan-menggu-nakan-moodle/

Kusumastuti, D.E., Utomo, & Misliyani. (2022). Faktor-faktor penghambat mahasiswa berkebutuhan khusus dalam menggunakan Learning Management System (LMS). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 18 (1), 2022, 56-69.

Mahnegar, F. (2012). Learning management system. International Journal of Business and Social Science, 3(12), 144-150.

Meliyani, Supriyanto, & Rahmattullah, M. (2019). Pengaruh pemanfaatan simari sebagai implementasi pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan ekonomi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 1–8. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8232.

Mirnawati, M., & Damastuti, E. (2019). Pendampingan identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Bubungan Tinggi, 1 (1), 29-33. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/index.

Moodle. (2022). Activities. Diakses dari https://docs.moodle.org/400/en/Activities, pada tanggal 19 Juli 2022.

Permenristekdikti. (2017). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemenristekdikti.

Pradnyana, G. A., & Pradnyana, I. M. A. (2015). Implementasi responsive e-learning berbasis MOODLE untuk menunjang kegiatan pembelajaran di STMIK STIKOM Indonesia. S@CIES, 5(2), 127–135. https://doi.org-/10.31598/sacies. v5i2.73.

Tim Penyusun. (2018). Standar operasional prosedur volunteer mahasiswa berkebutuhan khusus. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Tim Penyusun. (2020). Panduan e-learning bagi mahasiswa. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Utomo dan Dewi Ekasari Kusumastuti. (2021). Kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap e-learning simari selama covid – 19 di universitas lambung mangkurat. Banjarmasin: Univer¬sitas Lambung Mangkurat.

Utomo, dkk. (2022). Buku panduan penggunaan simari dalam perkuliahan jarak jauh bagi mahasiswa berkebutuhan khusus di universitas lambung mangkurat. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Utomo, U., Kusumastuti, D. E., & Misliyani, M. (2021). Utilization of e-learning based on learning management system (LMS) for college students with special needs during covid-19 pandemic. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 8(1), 7-16.

Utomo, U., Kusumastuti, D. E., & Misliyani, M. (2022). Kepuasan mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap e-learning simari selama covid–19 di universitas lambung mangkurat. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 8(1), 50-55.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats