Implementasi Metode Active Learning pada Anak Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Desa Cimacan

Abdul Aziz, Akmal Rizki Gunawan Hsb, Yoyo Hambali, Zhilal M

Abstract


Modern ini pendidikan mengalami penurunan yang dibuktikan dengan minat belajar anak yang menurun. Hal ini terjadi juga terjadi pada anak di Kota Cimacan. Pengabdian mahasiswa merupakan salah satu wadah memperbaiki lingkungan belajar pada anak dengan cara penggunaan metode active learning. Metode tersebut membawa anak ikut aktif dalam belajar dan menumbuhkan minat belajarnya. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tanggal 13-14 Juli 2022 di Camp Ground, Rumah kadaka Rawa gede, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan melibatkan 25 anak tingkat Sekolah Dasar dan 40 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas 45 Bekasi. Berdasarkan hasil pengabdian dapat disimpulkan bahwa metode active learning melalui kegiatan bernyanyi, bermain, dan mengembangkan jiwa seni mampu memberikan kesan baru terhadap anak dan meningkatkan minat belajarnya. Hal ini terbukti dengan  rasa semangat dan berenergi yang ditunjukkan. Selain itu, sebagian besar anak sudah tidak malu atau gengsi berinteraksi dengan teman, lingkungan sekitar, dan mahasiswa yang mendampinginya.

Modern education has decreased as evidenced by the decreased interest in children's learning. This also happens to children in Cimacan City. Student service is one of the forums for improving the learning environment in children by using active learning methods. This method brings children to actively participate in learning and fosters their interest in learning. This activity was held on July 13-142022 at Camp Ground, Rawa Gede kadaka House, Cimacan, Cipanas District, Cianjur Regency, West Java involving 25 elementary school level children and 40 students of the Islamic Religious Education Department, University of 45 Bekasi. Based on the results of the service, it can be concluded that the active learning method through singing, playing, and developing the spirit of art is able to give a new impression to children and increase their interest in learning. This is evidenced by the sense of passion and energy shown. In addition, most children are not shy or prestige in interacting with friends, the surrounding environment, and the students who accompany them.

 


Keywords


Active Learning; Motivasi Belajar; Metode Belajar

Full Text:

PDF

References


Affandi, H. (2017). Tanggung jawab negara dalam pemenuhan hak atas pendidikan menurut undang-undang dasar tahun 1945. Jurnal Hukum Positum, 1(2), 210-218.

Huliyah, M. (2016). Pengembangan seni pada anak. As -Sibyan Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(2), 149–164.

Malik, A., Purnamasari, P. D., & Syahid, A. (2022). Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam. Education and Learning Journal, 3(1), 61-67.

Martono, T. (2016). Pengaruh antara prakarya, kewirausahaan, dan proses pembelajaran terhadap soft skills peserta didik di SMK negeri 01 karanganyar. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 1-18.

Mulyono, H., & Wekke, I. S. (2018). Strategi pembelajaran di abad digital. Gawe Buku.

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih metode penelitian yang tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288-292.

Novera, E., Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349–6356.

Purbaningrum, C. W. D., & Soenarto, S. (2016). Pengembangan model pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan prinsip the great young entrepreneur di smk untuk kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 15-23.

Rizki, A., Hsb, G., Hakim, A., Hambali, Y., & Suprianto, A. (2022). Pemberdayaan anak melalui kegiatan belajar, bermain, dan mngeksplorasi (bbm) dalam meningkatkan motivasi belajar di desa ligarmukti. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 326–332.

Sandi, N. V. (2020). Menggambar dalam mengembangkan kreativitas dan bakat siswa sekolah dasar. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 79–87.

Sopati, V. A. (2018). Pembelajaran bernyanyi secara unisono di kelas VII 1 UPT SMPN 1 koto XI tarusan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan, 7(3), 28-62.

Suriansyah, A. (2011). Landasan pendidikan. COMDES: Banjarmasin.

Toha, S. M. (2018). Pelaksanaan metode active learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 79-93.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6584

Refbacks



Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats