Pemanfaatan Website Trello dalam Menunjang Pembelajaran Kolaboratif di Lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang
Abstract
Pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran di kelas menjadi penting diimplementasikan agar dapat menciptakan interaksi sosial yang ada antar siswa. Hal ini bermanfaat bagi pemahaman siswa dan juga peningkatan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru secara berkelompok. Dengan adanya pandemi covid-19, membuat masalah dalam pembelajaran semakin kompleks meskipun di satu sisi, guru dituntut untuk menghasilkan lulusan yang kompeten. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dan juga kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, maka diperlukan pelatihan bagi guru dalam mengelola tugas melalui penggunaan website Trello. Kegiatan pelatihan ini mendukung dalam peningkatan kemampuan guru terutama pemanfaatan aplikasi sebagai alat bantu yaitu Trello untuk menerapkan pembelajaran kolaboratif. 16 peserta yaitu guru dari SMKN 9 dan SMKN 12 Malang bersedia mengikuti pelatihan ini secara luring dan daring selama dua hari pada tanggal 11-12 Agustus 2022. Metode pelaksanaan pelatihan ini dengan menerapkan metode ceramah dalam penyampaian materi, diikuti dengan demonstrasi oleh pemateri dan diikuti oleh peserta, dan penugasan. Selain itu, diberikan juga pretest dan posttest untuk mengukur pengetahuan guru dalam pelatihan ini serta kuesioner pelaksanaan pelatihan. Berdasarkan tugas yang dikumpulkan oleh guru, terdapat 2 guru yang tidak aktif dalam pelatihan atau tidak mengumpulkan tugas 1, 2 dan 3, dan 4 orang guru tidak mengumpulkan tugas 3. Hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya penurunan dari rata-rata pretest dan posttest-nya. Namun tugas yang dihasilkan cukup menunjukkan hasil yang signifikan terkait pemanfaatan Trello itu sendiri. Pelaksanaan kegiatan ini menghasilkan kemampuan guru meningkat dalam memanfaatkan Trello untuk mendukung pembelajaran kolaboratif sebesar 56% yang mengumpulkan sebuah video pemanfaatan Trello.
Collaborative learning has an important role in developing social interaction between students. Collaborative learning benefited students' understanding and increased their ability to solve problems in groups. The Covid-19 pandemic made problems in learning more complex, and teachers were required to produce competent graduates. Therefore, the purpose of this training activity was to increase student understanding and students' ability to solve problems. Problem-solving could be trained in students using management assignment collaboration. So this training was needed for teachers to manage assignments using the Trello website. This training activity also supported improving teachers' abilities, especially by using Trello applications in implementing collaborative learning. Many 16 teachers from SMKN 9 and SMKN 12 Malang were willing to participate in this training. This training was held offline and online for two days on 11-12 August 2022. The method of this training was lecturing in delivering material, demonstrating, and giving assignments. The training was evaluated using a pretest, posttest, and questionnaire. Based on the assignments collected by the teacher, two teachers were not active in training or did not submit three assignments, and four teachers did not submit third assignments. The results of the pretest and posttest described a difference from the average. However, the resulting tasks show significant results regarding using Trello. Implementing this activity increased teachers' ability to use Trello in supporting collaborative learning by 56% who submitted a video on using Trello.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, F. (2022). Pembelajaran kolaboratif di SMK. Malang.
Anazifa, R. D. (2020). Pemanfaatan trello untuk pembimbingan proyek kolaboratif sebagai inovasi pada praktikum genetika secara daring. Pusdiklat: Kemendikbud.
Diana, P. Z. (2020). Collaborative learning dalam pembelajaran bahasa indonesia. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., & Antika, R. N. (2020). Pembelajaran kolaboratif berbasis online. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 77–86.
Handayani, R., & Sulistiawati, E. W. (2019). Penerapan pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika di smkn 1 kotabumi. Jurnal Eksponen, 35–41.
Khozim, A. A., Bustommy, A., Darudi, A., Aminah, Uswatun, A., Hasanah, Usliyah. (2020). Perubahan Pola kehidupan masyarakat asli terhadap pertumbuhan industri tekstil di desa lojikobong kecamatan sumberjaya kabupaten majalengka. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 71–88.
Koesnandar, A. (2021). Pembelajaran kolaboratif di era dan pasca pandemi, mengapa tidak?. Pusdatin: Kemendikbud.
LPPM. (2023). Program penelitian universitas brawijaya (V). Malang: Universitas Brawijaya.
Putri, O. F., Damayanti, D., Saputri, M. E., Pratiwi, Y. M., & Nugroho, P. B. (2022). Pengabdian masyarakat meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris anak-anak desa gunung raja di masa pandemi covid 19. Griya Cendikia, 7(1).
Rochmi, A. F. (2023). Model pembelajaran kolaboratif ekstrakurikuler seni tari di smk nahdlatul ulama (nu) gresik. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 46–60.
Rohmatulloh. (2021). Pembelajaran kolaborasi dalam kelas virtual, Apakah bisa? Retrieved from Kumparan website: https://kumparan.com/rohmatulloh-1585486572462373090/pembelajaran-kolaborasi-dalam-kelas-virtual-apakah-bisa-1vRMmLyD86H/full
Sabela, R., Oktaviani, T., & Saryanto. (2022). Pendampingan belajar dan efektifitas pendampingan belajar siswa di masa peralihan. Edikasi, 1(1), 32–39.
Thobroni. (2016). Belajar dan pembelajaran: Teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trello. (2022). About Trello. Retrieved from Trello website: https://trello.com/about
Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari motivasi berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 139–151.
Wibowo, L. A., & Pardede, L. R. (2019). Peran guru dalam menggunakan model pembelajaran collaborative learning terhadap keaktifan siswa dalam belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 201–208.
Yani, A. D., Wati, M., & Misbah, M. (2021). Direct current electric teaching materials through google classroom for 16-17 years old students: Teacher perception. Online Learning In Educational Research (OLER), 1(1), 25-36.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6849
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |