Pendampingan Pembelajaran RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) untuk Siswa Sekolah Dasar Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi
Abstract
Salah satu bidang yang terkena dampak pandemi COVID-19 adalah bidang pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran, salah satunya tentang penerapan pembelajaran yang biasanya menggunakan metode luring atau tatap muka menjadi metode pembelajaran online atau daring. Banyak orang tua yang menyatakan bahwa pembelajaran daring menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) merupakan solusi nyata dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima materi pembelajaran. Metode pendampingan pembelajaran ini yaitu menggunakan pendekatan service learning dan tujuannya agar mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya belajar meskipun dalam keadaan pandemi dan orang tua memiliki kesadaran bahwa proses pembelajaran masih berlangsung sehingga anak dapat berhasil memperoleh pendidikannya. Sedangkan pengabdian ini dilaksanakan dari bulan Juni sampai dengan Juli Tahun 2021. Adapun sasaran dalam kegiatan PKM melalui kegiatan RBUS yaitu siswa sekolah dasar dari Kelas 1 sampai Kelas 6 yang berjumlah 33 orang siswa, dimana rata-rata siswa bersekolah di SD Integral Luqman Hakim Sumenep dan SDN Pangarangan. Temuan dan Hasil kegiatan pendampingan ini yaitu dapat meningkatkan kualitas pemahaman siswa terhadap mata pelajaran dan pentingnya belajar, serta meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya pendampingan anak dalam pembelajaran daring atau online. Selama masa pandemi covid-19 ini siswa dan orang tuanya berharap kepada tim pengabdi untuk tetap melanjutkan program pendampingan belajar tetap berjalan.
One of the areas affected by the COVID-19 pandemic is the field of education, especially in the learning process, one of which is the application of learning that usually uses offline or face-to-face methods into online or online learning methods. Many parents state that online learning causes students to experience difficulties in understanding the material. RBUS (Ustadzah Sundari Learning House) is a real solution to increasing students' understanding of receiving learning material. This learning assistance method uses a service learning approach. The goal is to increase students' understanding of the importance of learning even in a pandemic, and parents have the awareness that the learning process is still ongoing so that children can successfully obtain their education. At the same time, this service will be carried out from June to July 2021. The target in PKM activities through RBUS activities is elementary school students from Class 1 to Class 6, totalling 33 students. The average student attends SD Integral Luqman Hakim Sumenep and SDN Pangarangan. The findings and results of this mentoring activity are that it can improve the quality of students' understanding of subjects and the importance of learning and increase parental awareness of the importance of assisting children in online or online learning. During the Covid-19 pandemic, students and their parents hoped that the service team would continue the learning assistance program to continue.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, K. (2021). Analisis proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 218-228.
Aini, K. (2021). Kemandirian belajar mahasiswa melalui blended learning tipe flipped classroom pada masa pandemi covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42-49.
Aini, K., Prihandoko, A. C., Yuniar, D., & Faozi, A. K. A. (2020, May). The students’ mathematical communication skill on caring community-based learning cycle 5E. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1538, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.
Aini, K., & Ridwan, M. (2021). Students'higher order thinking skills through integrating learning cycle 5e management with islamic values in elementary school. Al-tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 142-156.
Aini, K., & Yasid, A. (2022). Kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa melalui hybrid learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7775-7781.
AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2021). Bentuk penyajian dan nilai filosofi tari muwang sangkal sumenep untuk anak kelas vi di sekolah dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 759–767.
AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Analisis optimalisasi peran guru dan orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 423–432.
AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Prosocial behavior of elementary school students based on gender differences in society 5.0. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 390-396.
AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy of heroic values education kh. abdullah sajjad from madura assisted with learning comics for sd/mi students in sumenep. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79-88.
Bahasoan, A. N., Ayuandiani, W., Mukhram, M., & Rahmat, A. (2020). Effectiveness of online learning in pandemic COVID-19. International journal of science, technology & management, 1(2), 100-106.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 4–6.
Dewantara, D., Misbah, M., Mahtari, S., Azhari, A., Sasmita, F. D., Rusmawati, I., ... & Lutfi, M. (2021). Digital electronic practicum with logisim application using google meet. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 012006.
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107-115.
Erlita, Brigitta T. A. (2014). Slow learner: Bagaimana memotivasinya dalam belajar. Jurnal Kependidikan Widya Dharma. 27(1), 1-8.
Fitroturrohmah, M., Purwadi, P., & Azizah M. (2019). Hubungan peran orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi sdn kedung 01 jepara. Journal of Primary and Children’s Education (JANCITTA), 2 (2), 25-30.
Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238.
Misbah, M., Khairunnisa, Y., Dewantara, D., Haryandi, S., Purwasih, D., Muhammad, N., ... & Ibrahim, M. A. (2023). Students’ perception on online learning experience during pandemic (covid-19). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(1), 42-52.
Putu, B. P., , I Nyoman S., &Desak, Putu A.). (2020). Pendampingan kegiatan belajar di rumah secara privat di masa pandemi covid-19 dilingkungan kabupaten bangli bagian utara. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 551-556.
Saputra H. D., Ismet, F., & Andrizal A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol. 18:25–30.
Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service learning: Mengintegrasikan tujuan akademik dan pendidikan karakter peserta didik melalui pengabdian kepada masyarakat. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143.
Wajdi, M. B. N., Ubaidillah, M. B., Mulyani, S., Anwar, K., Istiqomah, L.,
Rahmawati, F., ... & Rizal, H. S. (2020). Pendampingan redesign pembelajaran masa pandemi covid-19 bagi tenaga pendidik di lembaga pendidikan berbasis pesantren di Jawa Timur. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 266-277.
Zainuddin, Z., AR, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan komunikasi orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SNAPP, 119-122.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6899
Refbacks
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |