Bimbingan Pemasaran dan Distribusi untuk Meningkatkan Pendapatan UD. Nurnia
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) PPK ORMAWA Juragan Desa ini diselenggarakan dalam upaya meningkatkan pendapatan mitra UMKM pada desa Galengdowo yang diharapkan nantinya dapat mendorong mitra untuk menjadi sociopreneur lewat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka di dalam pelaksanaan kegiatan PPK ORMAWA Juragan Desa ini, telah dilakukan beberapa cara yaitu dengan melakukan observasi, diskusi, dan, implementasi. Mitra UMKM sangat membutuhkan inovasi di bidang pemasaran dan distribusi dikarenakan masalah kurangnya sumber daya manusia untuk membantu proses pemasaran dan distribusi, Inovasi pada bidang pemasaran dan distribusi tersebut mendorong efektivitas mitra UMKM dan menaikkan pendapatan mitra, sekaligus menjadikan mitra sebagai sociopreneur baru di Desa Galengdowo.
Community service activities of “PPK ORMAWA Juragan Desa” is held to increase SME partners' income in Galengdowo Village, which is expected to encourage partners to become Sociopreneur by opening new jobs for the surrounding community. To achieve this goal, in implementing the “PPK Ormawa Juragan Desa” activities, several ways have been carried out, namely by making observations, discussions, and implementation. SME partners seriously need innovation in marketing and distribution due to the lack of human resources to help the marketing and distribution process. Innovation in marketing and distribution encourages SME partners' effectiveness and raises their income while making them new Sociopreneur in Galengdowo Village.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, M. A. (2019). Mengapa sociopreneur bukan social entrepreneur? Jurnal Dialektika, 4(2), 66-73.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang. (2022). Kecamatan wonosalam dalam angka. Jombang: Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang.
Iramani, Suryani, T., & Hasanah, N. (2018, 1). Pemberdayaan ibu-ibu rumah tanggauntuk meningkatkan daya saing produk opak jepit. Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM Untag Surabaya, 3(1), 29-33.
Kurniawan, M. P. (2019, December). Foto produk untuk meningkatkan penjualan online anggota l3m (lifelong learning mamas) yogyakarta. In SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat (pp. 392-397).
Lubis, A. N. (2004). Strategi pemasaran dalam persaingan bisnis. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Mesra, R., Marsa, Y. J., & Putri, M. E. (2021). Pola interaksi pedagang konsinyasi dengan pemilik warung di kecamatan tondano selatan, provinsi sulawesi utara. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 5(3), 166-175.
Praszkier, R., Nowak, A., & Zablocka-Bursa, A. (2009). Social capital built by social entrepreneurs and the speciÞc personality traits that facilitate the process. Psychologia Spoleczna, 1-2(10), 42-54.
Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan umkm dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117-127.
Sudaryanto, Ragimun, & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi pemberdayaan umkm menghadapi pasar bebas asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta, 1-32.
Undang-Undang nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, UMKM.
Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan implikasinya pada keunggulan bersaing ukm di indonesia. Forum Keuangan dan Bisnis IV, 327-337.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.6905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |