Pembelajaran Kimia Berbasis Projek melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal sebagai upaya Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru MGMP Kimia Kota Palangka Raya
Abstract
MGMP Kimia merupakan musyawarah guru mata pelajaran kimia. Kelompok musyawarah ini memiliki peranan penting dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan terutama pada mata pelajaran kimia. Masa pandemi COVID-19 memaksa adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran serta terhentinya kegiatan rutin MGMP Kimia Kota Palangka Raya. Di sisi lain perubahan kurikulum memberikan amanat baru yang membutuhkan perhatian dan persiapan. Dari berbagai alternatif solusi yang ditawarkan, terpilihlah gagasan kegiatan sosialisasi pembelajaran berbasis proyek melalui pemanfaatan sumber daya lokal. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2022 yang diikuti oleh 17 peserta. Melalui kegiatan ini diharapkan para guru khususnya guru mata pelajaran kimia Kota Palangka Raya memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih mengenai pembelajaran berbasis proyek. Adapun tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang telah dilaksanakan 1) meningkatkan motivasi guru untuk berinovasi dalam kegiatan pembelajaran berbasis proyek; 2) meningkatkan keterampilan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran berbasis proyek; dan 3) meningkatkan motivasi dan semangat belajar peserta didik. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilaksanakan guru-guru mitra telah memahami pembelajaran berbasis proyek dengan baik serta memberikan respon positif (sangat baik) terhadap pelakasanaan kegiatan pengabdian. Dengan demikian, kegiatan yang telah dilaksanakan memberikan dampak positif bagi guru-guru dalam memahami penerapan pembelajaran berbasis proyek. Guru mampu mengelaborasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran kimia serta berkolaborasi dengan mata pelajaran lainnya.
MGMP Chemistry is the deliberation of the chemistry teacher. This deliberation group is important in developing and improving the quality of learning and education, especially in chemistry subjects. The COVID-19 pandemic forced changes in the implementation of learning and cessation of the routine activities of MGMP Chemistry in Palangka Raya City. On the other hand, curriculum changes provide new mandates that require attention and preparation. The idea of project-based learning dissemination activities was chosen using local resources from the various alternative solutions offered. The activity was held on November 19th 2022, and 17 participants attended. Through this activity, it is hoped that teachers, especially chemistry teachers in Palangka Raya City, will have more knowledge and insight regarding project-based learning. The PkM objectives that have been implemented 1) increase teacher motivation to innovate in project-based learning activities; 2) improve teacher skills in designing project-based learning activities; and 3) increase the motivation and enthusiasm for learning of students. Based on the evaluation results carried out by partner teachers have understood project-based learning well and provided a positive response (very good) to the implementation of service activities. Thus, the activities carried out positively impact teachers in understanding the application of project-based learning. Teachers can elaborate and develop project-based learning in chemistry subjects and collaborate with other subjects.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/ jpap.v9n2.p292-299
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Ejournal UPI, 19(2), 213–226.
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma baru dalam kurikulum prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/ 1365480216659733
Lion, E., Ludang, Y., & Jaya, H. P. (2022). Edukasi penerapan pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar di masa pandemi covid-19 desa …. In J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada ….
Maure, F. S., Arifin, A., & Datuk, A. (2021). Peran musyawarah guru mata pelajaran (mgmp) dalam meningkatkan profesionalisme guru sosiologi di kota kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 111–118. https://doi.org/10. 37640/jip.v12i2.534
Negeri, D. S., Nurmitasari, B., Kayyis, R., Astuti, R., & Anisaul Khasanah, B. (2022). Sosialisasi kurikulum merdeka belajar di sd negeri 02 bangunsari. Bagimu Negeri : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 96–104. https://www.ejournal.umpri. ac.id/index.php/bagimunegeri/article/view/1862
Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas xi ipa semester genap madrasah aliyah negeri klaten tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1), 89–96.
Prastowo, A. (2014). Paradigma Baru madrasah dalam implementasi kebijakan kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.95-113
Rafiud, I. (2022). Model pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 121–128. https://doi.org/10. 29313/jrjmd.v2i2.1366
Suratno, Y. (2022). Sosialisasi program merdeka belajar di sma muhammadiyah singkut kabupaten sarolangun. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(2), 80–89.
Wiyarsi, A., & Partana, F. (2009). Penerapan pembelajaran berbasis projek pada perkuliahan workshop pendidikan kimia untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa. Paedagogia, 12(1), 32–41.
Yalçin, S. A., Turgut, Ü., & Büyükkasap, E. (2009). The effect of project based learning on science undergraduates’ learning of electricity, attitude towards physics and scientific process skills. International Online Journal of Educational Sciences, 1(1), 81–105.
Yulianto, A., Fatchan, A., Asnita, I., & K. (2017). Pembelajaran projekct based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 448–453.
Yulinda, R., Sauqina, S., & Hafizah, E. (2022). Menyambut kurikulum paradigma baru: Pendampingan Pembelajaran IPA Berbasis STEM-PjBL lahan basah dengan pendekatan human centred design. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 853. https://doi.org/10.20527/ btjpm.v4i3.5789
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |