Pengembangan Minat dan Bakat Siswa di Desa Perkebunan Tanjung Kasau (SDN 10 Perkebunan Tanjung Kasau dan MTS Islamiyah Tanjung Kasau)

Sarah Patumona Manalu, Ade Citra Nadhira, Suci Nurjannah, Mega Rosalina

Abstract


Di Desa Perkebunan Tanjung Kasau, banyak para siswa yang tidak tahu minat dan bakat mereka masing-masing serta sekolah yang kurang aktif dalam melakukan kegiatan pengembangan minat bakat siswa, sehingga bakat mereka tidak dapat tersalurkan dengan baik. Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik Diperpanjang-30 (KKNTD-30) USU melaksanakan suatu program kerja untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di Desa Perkebunan Tanjung Kasau, khususnya yaitu SDN 10 Perekebunan Tanjung Kasau dan MTS Islamiyah Tanjung Kasau. Adanya program ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan minat dan bakat siswa yang ada di Desa Perkebunan Tanjung Kasau dan agar minat dan bakat yang dimiliki oleh setiap siswa dapat tersalurkan dan dikembangkan dengan baik. Program ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu survei lokasi, bekerjasama dengan pihak terkait dan Focus Group Discussion (FGD), sosialisasi, melakukan kegiatan, monitoring, dan evaluasi. Program ini dilakukan pada siswa yang berada di dua sekolah, yakni SDN 10 Perkebunan Tanjung Kasau dan MTs Islamiyah Tanjung Kasau. Program kerja dimulai dari 4 Oktober-25 November 2022. Program kerja berjalan dengan lancar dan berakhir dengan diadakannya perlombaan mewarnai, puisi, dan story telling dalam rangka perayaan Hari Guru Nasional. Diharapkan adanya pengembangan pada minat dan bakat dapat meningkatkan semangat siswa dalam proses pembelajaran, dapat membuat siswa mengetahui tujuannya di masa depan, tidak mudah bimbang, memiliki rencana yang terstruktur untuk mencapai keinginannya, serta menjadikan mereka unggul pada bidangnya.

In Desa Perkebunan Tanjung Kasau, many students do not know their respective interests and talents, and the school is less active in carrying out student interest development activities, so their talents cannot be channelled properly. Kuliah Kerja Nyata Tematik Diperpanjang-30 (KKNTD-30) USU group carried out a work program to develop the interests and talents of students in Desa Perkebunan Tanjung Kasau, specifically namely SDN 10 Perkebunan Tanjung Kasau and MTS Islamiyah Tanjung Kasau. This program aims to discover how to develop the interests and talents of students in Tanjung Kasau Plantation Village so that the interests and talents possessed by each student can be channelled and developed properly. This program was carried out in several stages: site surveys, collaboration with related parties and Focus Group Discussions, outreach, conducting activities, monitoring and evaluation. This program was conducted for students in two schools, SDN 10 Perkebunan Tanjung Kasau and MTs Islamiyah Tanjung Kasau. The work program started from 4 October-25 November 2022. The work program ran smoothly and ended with holding colouring, poetry and storytelling competitions to celebrate National Teacher's Day. It is hoped that the development of interests and talents can increase student enthusiasm in the learning process, make students know their goals in the future, not be easily confused, have a structured plan to achieve what they want and make them excel in their field.

 


Keywords


Bakat; Minat; Pengembangan; Siswa

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. & Nasirudin, N. (2021). Pengembangan bakat dan minat peserta didik di madrasah ibtidaiyah miftahul muna kesilir banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 119-134.

Aciakatura, C., Magdalena, I., Zahranisa, A., & Zahro, N. L. (2021). Analisis pengembangan minat dan bakat siswa pada siswa sekolah dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 89-94.

Amalia, M. D., & Erawan, L. (2017). Penerapan algoritma apriori untuk membantu calon mahasiswa dalam memilih program studi di fakultas ilmu komputer universitas dian nuswantoro. JOINS (Journal of Information System), 2(2), 206-212.

Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi minat bakat siswa sejak usia dini di sd adiwiyata. Islamika, 2(1), 161-169.

Anggreati, R. (2015). Salah Pilih Pekerjaan Memicu Stres. medcom.id.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Editor. (2022). Mengembangkan minat dan bakat siswa dengan program sekolah. Yayasan Al Ma’soem Bandung.

Faturrahman, dkk. (2012). Pengantar pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hidayah, A., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Pentingnya pengembangan bakat dan kreativitas anak usia sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1151-1159.

Kurniawan, A. R., Utomo, A., Chan, F., Juliani, T., Riski, R. D., & Ismaini, E. (2019). Peran guru dalam mengembangkan bakat siswa di sekolah dasar negeri 34/i teratai. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 166-173.

Magdalena, I., Fatharani, J., Oktavia, S. A., & Amini, Q. (2020). Peran guru dalam mengembangkan bakat siswa. Pandawa, 2(1), 61-69.

Magdalena, I., Septina, Y., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara mengembangkan bakat peserta didik. BINTANG, 2(3), 278-287.

Munandar, U. (2010). Anak-anak berbakat pembinaan dan pendidikannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Oktavianti, F. & Busyairi, A. (2019). Manajemen peserta didik dalam pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler. Joyful Learning Journal, 8(4), 184-192.

Poerbakawatja, S. (2012). Ensiklopedi pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Saputri, N. & Sa’adah, N. (2021). Pengembangan minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Taujihat: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 172-187.

Slameto, S. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprayadi, M. S. (2021). Menakar bakat minat melalui three type learning methods. Jurnal Teknosains Kodepena, 1(2), 50-57.

Supriando, S. (2022). Strategi pengembangan bakat siswa menghadapi kompetisi fls2n cabang solo gitar di sman 1 bukitinggi. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 6(1), 32-46.

Utama, F. (2020). Survei: 87 Persen Mahasiswa di Indonesia Salah Jurusan. inews.id.

Widianingtyas, H. (2021). Riset Youthmanual: 92 Persen

siswa sma & smk bingung mau bekerja apa. kumparan.com.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats