Penerapan Teknik Digital Marketing pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Produk Kopi untuk Meningkatkan Daya Saing Pemasaran
Abstract
Digital Marketing memiliki peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu bisnis atau usaha sehingga banyak perusahaan yang sudah menerapkan Digital Marketing, dan ini menjadi salah satu strategi yang bisa dikatakan sangat efektif. Langkah yang dilakukan perusahaan tersebut tentu juga dapat diterapkan oleh UMKM. Salah satu mitra dalam kegiatan ini yaitu UMKM Kopi yang berada di Probolinggo. Aktivitas pemasaran UMKM tersebut yang dilakukan saat ini masih menggunakan media brosur, poster dan juga menggunakan media sosial serta Online Shop. Dengan melalui media sosial diharapkan jangkauan pembeli akan lebih besar. Namun berdasarkan analisis pasar, data penjualan dan media sosial, peminat dari kopi tersebut tidak sesuai yang diharapkan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan teknik Digital Marketing agar mitra UMKM memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai cara memasarkan produk kopi dengan memperhatikan target audience, konten yang menarik, foto produk dan branding yang kuat. Dengan harapan mitra UMKM memiliki alternatif metode pemasaran yang lebih efisien. Kegiatan ini dilaksanakan melalui penyampaian materi, praktik pengambilan gambar dan publikasi di media sosial. Waktu pelaksanaan kegiatan ini berlangsung pada bulan Agustus-September 2022 dengan peserta sebanyak 25 orang dari UMKM Kopi. Hasil dari kegiatan ini yaitu 80% mitra UMKM mampu mengerjakan aktivitas pelatihan dengan benar dan mempublikasikan produk yang dipasarkan melalui media sosial. Simpulan dari kegiatan ini yaitu pelatihan yang telah diselenggarakan membuat mitra UMKM Kopi di Probolinggo dapat memasarkan produknya melalui media sosial dengan memperhatikan aturan dalam digital marketing.
Digital Marketing has a very important role in the sustainability of a business, so it's no wonder that many companies have implemented Digital Marketing, and this is a strategy that can be said to be very effective. The steps taken by the company can certainly also be applied by MSMEs. One of the partners in this activity is UMKM Coffee in Probolinggo. The MSME marketing activities that are currently being carried out still use brochures, posters, social media, and Online Shops. Through social media, it is hoped that the reach of buyers will be greater. However, based on market analysis, sales data, and social media, coffee enthusiasts are not as expected. This activity aims to provide training and assistance in Digital Marketing techniques so that MSME partners have insights and knowledge about how to market coffee products by paying attention to the target audience, interesting content, product photos and strong branding. It is hoped that MSME partners will have alternative and more efficient marketing methods. This activity is carried out through material delivery, taking pictures and publication on social media. The implementation time of this activity took place in August-September 2022 with 25 participants from Coffee MSMEs. The results of this activity are that 92% of MSME partners can carry out training activities correctly and publish marketed products through social media. This activity concludes that the training that has been held makes Coffee MSME partners in Probolinggo able to market their products through social media by paying attention to the rules in digital marketing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisah. (2021). Pemanfaatan teknologi digital sebagai upaya memperluas jaringan pemasaran dalam suatu bisnis. Kompasiana. Retrieved from https://www.kompasiana.com/anisah89082/61ce65a04b660d35fe323a12/pemanfaatan-teknologi-digital-sebagai-upaya-memperluas-jaringan-pemasaran-dalam-suatu-bisnis
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi asean. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61-76.
Gumilang, R. R. (2019). Implementasi digital marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 914.
Hasibuan, F. H. (2021). Penerapan metode brainstorming untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pendidikan bahasa inggris universitas muslim nusantara medan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS), 1(2), 7-13.
Nasri, R., Nuraeni, & Darmansyah, D. F. (2021). Pelatihan Marketing Digital di Masa Pandemi pada UMKM Binaan BMT UMJ. In Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Rizal, F., Prayoga, D. H., Amalia, D. I., Rosanti, D. A., Anggrahini, E. N., & Andini, E. M. W. (2022). Pelatihan digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk pertanian kelompok tani wanita permata indah desa selur. Abdimas Indonesian Journal, 2(2), 115130.
Ryan. (2021). Geliat Kopi Krucil Probolinggo, Mampu Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved 27 November 2022, from https://jatim.times.co.id/news/ekonomi/wu8uenggkb/geliat-kopi-krucil-probolinggo-mampu-bertahan-di-tengah-pandemi-covid19
Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran bakmi tando 07. EBISMEN: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 2431.
Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sari, D. K., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). Digital Marketing. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Solichah, Z. (2022). DKUPP Kota Probolinggo fasilitasi 120 UMKM untuk kembangkan usaha. Retrieved 27 November 2022, from https://jatim.antaranews.com/berita/655709/dkupp-kota-probolinggo-fasilitasi-120-umkm-untuk-kembangkan-usaha
Sudarti, Handayani, R. D., Kurniawan, A., & Faridah, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM di Dusun Wates Desa Tejo Mojoagung Jombang. In e - Prosiding Kolokium Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 223231).
Sukandi, A., Sofiati, N. A., & Sudaryo, Y. (2019). Implementasi digital marketing untuk meningkatkan kepuasan nasabah dan berdampak pada citra lembaga perbankan. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 21(355364).
Syafii, I. (2020). Membuat Konten Promosi yang Efektif. Retrieved 27 November 2022, from https://www.ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/membuat-konten-promosi-yang-efektif/
Tambunan, T. T. H. (2021). UMKM di Indonesia Perkembangan, Kendala, dan Tantangan (Pertama). Jakarta: Prenada.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7524
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |