Pembuatan Area Bermain Anak di PPT Mentari Kedurus Surabaya
Abstract
PPT (Pos Paud Terpadu) Mentari adalah lembaga Pendidikan anak usia dini yang berlokasi di Jalan Gunung Sari Indah, Kedurus, Kecamatan Karang Pilang, Kota Surabaya. Saat ini, PPT hanya melakukan kegiatan seperti mewarnai, menggambar, bernyanyi, atau menari di dalam ruangan balai RW VII. Hal tersebut dikarenakan PPT Mentari masih belum memiliki fasilitas ruang terbuka yang digunakan sebagai area bermain anak. Padahal dengan adanya ruang terbuka dapat mendukung tumbuh kembang anak, peningkatan sensorik motorik, kognitif, kemampuan bersosialisasi, rasa percaya diri, kreativitas, dan perkembangan moral anak. Sehingga pengurus PPT, atas izin dari Ketua RW, ingin memfasilitasi kegiatan bermain anak di luar ruangan dengan membuat sebuah playground agar anak-anak dapat bermain sambil belajar di ruang terbuka. Arena taman tersebut juga tidak hanya sebatas digunakan untuk anak-anak PPT tetapi juga terbuka bagi warga sekitar yang ingin menggunakan fasilitas di lingkungan RW VII tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan April hingga Oktober 2022 dengan metode pelaksanaan yang terdiri dari beberapa tahap seperti tahap persiapan yaitu wawancara serta survey lokasi pada April-Juni 2022, tahap kedua yaitu pelaksanaan dimana terdapat kegiatan inti yaitu pengecatan baik untuk dinding, lantai, dan juga mainan yang dilakukan pada Juli-Agustus 2022. Tahap ketiga berupa penyerahan hasil berupa area bermain, mainan mangkuk putar costum, dan booklet desain taman bermain pada Agustus 2022. Terakhir, yaitu proses pelaporan dan dokumentasi dimana termasuk tahap pengerjaan luaran pengabdian pada September-Oktober 2022. Jumlah peserta dari kegiatan ini adalah 11 orang yang terdiri atas 6 orang dari tim UPN Veteran Jawa Timur dan 5 orang dari tim Nippon Paint. Secara keseluruhan, kegiatan berjalan dengan lancar. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini berupa taman bermain anak yang dilengkapi dengan cat warna-warni untuk memberikan stimulasi kepada anak-anak baik kognitif, afektif, psikomotorik, maupun sosialisasi. Harapan dari hasil kegiatan ini adalah taman bermain terbuka ini dapat dimanfaatkan oleh para murid PPT Mentari untuk mendukung proses tumbuh kembang mereka.
PPT (Pos PAUD Terpadu) Mentari is a preschool on Jalan Gunung Sari Indah in Kedurus, Karang Pilang District, Surabaya. PPT Mentari only organizes coloring, drawing, singing, and dancing activities in RW VII. This is because PPT Mentari still lacks open space facilities serving as children's play areas. Even though open space promotes children's growth and development, sensory-motor, cognitive, and social abilities, as well as their self-confidence, creativity, and moral development, more open space is still required. With the agreement of the head of the RW, management of the PAUD aims to develop a playground for children to play and learn in outdoor surroundings. The parking arena is utilized by PAUD youths and locals who wish to utilize the advantages of the RW VII set. This activity was conducted from April to October 2022 with a method of implementation that included multiple stages, such as the preparation stage, which consisted of interviews and site surveys from April to June 2022, and the implementation stage, which consisted of painting walls, floors, and toys from July to August 2022. In August 2022, the third phase will culminate with the delivery of play space, bespoke spinning bowl toys, and a playground design guidebook. The reporting and documentation procedure will finish in September-October 2022 by calculating community service output. Eleven individuals are involved in this operation, including 6 from UPN Veteran Jawa Timur and 5 from Nippon Paint. Overall, these actions are proceeding smoothly. This dedication has produced a colorfully painted children's playground that offers children cognitive, emotional, psychomotor, and psychosocial stimulation. The anticipated outcome of this activity is that PPT Mentari children can utilize this open playground to promote their growth and development.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusintadewi, N. K., Putra, I. G. W., & Widiastuti, W. (2021). Aspek keamanan pada kualitas fisik fasilitas bermain anak taman kota janggan: menuju denpasar kota ramah anak. Nalars, 21(1), 25–34.
Ardiani, Y. M., Setiawan, D., & Nugraha, H. (2021). A study of interactive playground for kindergarten in cempaka putih. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 794(1). IOP Publishing.
Guslinda, S. P., & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakad Media Publishing.
Hamidah, J., & Astuti, S. B. (2020). Konsep fun-interaktif pada desain interior sekolah inklusif galuh handayani untuk meningkatkan aksesibilitas mandiri siswa berkebutuhan khusus. Jurnal Sains dan Seni Its, 8(2), F149–F155.
Hapsari, R. (2020). Pengembangan kognitif anak melalui kegiatan mengelompokkan benda dengan media bola warna. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 18–24.
Jeon, H., & Jun, S. (2021). Outdoor playground design criteria development for early childhood development: a delphi study from the perspective of fundamental movement skills and perceptual-motor skills. International Journal Of Environmental Research and Public Health, 18(8), 4159.
Kusuma, I. G. N. A. P., Kohdrata, N., & Sutari, N. W. S. (2021). Konsep desain taman bermain ramah anak di lapangan kapten mudita bangli. Jurnal Vastukara, 1(1), 1–13.
Maharani, R. T. (2022). Street Food design in public space gunung sari indah surabaya. Warta Pengabdian, 16(1), 44–57.
Meisani, D. R. (2021). Tembok edukasi sebagai sarana belajar pola hidup bersih dan sehat di kampung ramah anak. Media Husada Journal of Community Service, 1(2), 67–73.
Mulyani, E. T. (2019). Pengaruh permainan engklek terhadap motorik kasar siswa adhd kelas I di Sdlb Wira Kusuma. Speed Journal: Journal of Special Education, 2(2), 49–58.
Nalle, E. S., Udju, A. A. H., Lelo, K., Lopo, R. J., Amseke, F. V., & Manno, Y. E. (2022). Kesiapan anak masuk sekolah dasar: penguatan kompetensi guru pada satuan paud di kabupaten belu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1232–1239.
Siregar, I., & Sriyolja, Z. (2020). Rancangan ruang bermain anak yang kreatif dan edukatif dengan pemanfaatan lahan fasilitas umum. Dinamika Lingkungan Indonesia, 7(2), 111.
Tedja, M., Charleshan, C., & Efendi, J. (2014). Perbandingan metode konstruksi dinding bata merah dengan dinding bata ringan. Comtech: Computer, Mathematics And Engineering Applications, 5(1), 272–279.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 159–176.
Watini, S. (2019). Pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar sains pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90.
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |