Peran Self-Regulated Learning dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Awal tahun 2020 pandemi covid-19 menyebabkan para siswa mengikuti pembelajaran dari rumah melalui jaringan internet yang dikenal dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam PJJ, siswa dituntut memiliki kemampuan belajar mandiri atau dikenal dengan istilah self-regulated learning (SRL) sehingga dapat menyesuaikan diri dengan keadaan. Pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan SRL kepada para siswa dilakukan untuk memperluas wawasan siswa mengenai berbagai strategi belajar mandiri agar mereka dapat menjadi pembelajar mandiri. Partisipan pelatihan ini adalah seluruh siswa kelas 6 di SDIT BBS Kota Bogor yang berjumlah 68 orang, terdiri dari 33 orang laki-laki dan 35 orang perempuan dengan rentang usia 10 tahun hingga 12 tahun. Metode pelatihan SRL ini diberikan berupa konsep dan praktik kepada siswa. Konsep SRL yang digunakan berasal dari Barry Zimmerman dan Dale Schunk. Dari hasil pelatihan yang dilakukan pada tanggal 29 September 2021 ini diketahui bahwa siswa memahami SRL secara komprehensif sebanyak 44,9%, kebiasaan yang paling banyak dilakukan siswa adalah mengatur waktu belajar sebanyak 40,5%, siswa memahami bahwa diri sendiri yang menentukan keberhasilan belajar sebanyak 41,1% dan mengetahui berbagai jenis strategi SRL sebanyak 58%. Strategi SRL ini tepat digunakan dalam belajar terutama dalam PJJ karena mampu mendorong kemandirian siswa dalam belajar serta mengurangi ketergantungan pada guru dan orang tua dalam belajar.
In early 2020 the Covid-19 pandemic caused students to take part in learning from home via an internet network known as distance learning (PJJ). In PJJ, students are required to have the ability to learn independently or known as self-regulated learning (SRL), so that they can adapt to circumstances. Community service in the form of SRL training for students is carried out to broaden students' insights regarding various independent learning strategies so that they can become independent learners. The participants of this training were all 6th-grade students at SDIT BBS Bogor City, totalling 68 people, consisting of 33 boys and 35 girls ranging from 10 to 12 years. This SRL training method is given in the form of concepts and practices to students. The SRL concept used comes from Barry Zimmerman and Dale Schunk. The results of the training conducted on September 29, 2021, found that students understood SRL comprehensively 44.9%, the habit that most students were setting study time by 40.5%, students understood that they determined learning success by 41.1%, and 58% knew various types of SRL strategies. This SRL strategy is appropriate for use in learning, especially in PJJ, because it can encourage student independence in learning and reduce dependence on teachers and parents in education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.
Gestiardi, R., & Maryani, I. (2020). Analisis self-regulated learning (srl) siswa kelas vi sekolah dasar di yogyakarta. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 227. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7379
Glynn, Shawn M.; Aultman, Lori Price; Owens, A. M. (2005). Motivation to learn in general education programs. Journal of General Education, 54(2), 150–170. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ720016
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan belajar di rumah bagi siswa sekolah dasar terdampak covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107–115.
Hasnin, H. (2022). Signifikansi perkembangan kognitif peserta didik bagi proses belajar, dalam setiawan, dkk (ed), perkembangan peserta didik. Yogyakarta: Nuta Media.
Helsa, H., & Lidiawati, K. R. (2021). Online learning during covid 19 pandemic: How self-regulated learning strategies affect student engagement? Psibernetika, 14(1).
Jamila, A., & Natsir, E. (2021). Problematika guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di uptd smp negeri 1 parepare. L Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110. Retrieved from
https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/2346
Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558.
Meilani, D., Cakrawati, D., & Sugiarti, Y. (2017). Analisis faktor-faktor self regulated learning mahasiswa setelah menggunakan aplikasi sistem pembelajaran online. SPOT.Edufortech, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edufortech.v2i2.12411
Pajares, F. (2008). Motivational role of self-efficacy beliefs in self-regulated learning. In D. H. Schunk & B. J. Zimmerman (Eds.), Motivation and self-regulated learning: Theory, research, and applications (pp. 111-139). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Prawiyogi, A. ., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran peserta didik di sdit purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 8.
Ramadhan, A. (2021). Kemendikbud akui pembelajaran jarak jauh menurunkan kualitas belajar. Retrieved from Kompas.com website: https://nasional.kompas.com/read/2021/01/23/14201841/kemendikbud-akui-pembelajaran-jarak-jauh-menurunkan-kualitas-belajar
Rifky, R. (2020). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 85–92.
Santrock, J. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Setyawati, S. P. dkk. (2022). Bunga rampai psikologi pendidikan: kunci pembelajaran kondusif. Yogyakarta: Nuta Media.
Usroh, L., Laily, N., & Munir, F. (2022). Manajemen waktu dan self regulated learning pada siswa. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(1), 47–63. https://doi.org/10.35891/jip.v9i1.2762
Wiranti, G., & Astari, T. (2021). Pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap motivasi siswa belajar matematika pada masa covid-19. Bina Gogik, 8(2), 110–117.
Zimmerman, B. J. (1990). Self regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17.
Zimmerman, B. J. (2002). Achieving self-regulation: The trial and triumph of adolescence. Information Age Publishing, Inc., 1–28. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED471681
DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7666
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under From March 27, 2020 to June 3, 2020 From Juni 4, 2020 to the present (updated stats) |