Peningkatan Civic Skill Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru di SD Kecil Olobaru Kabupaten Parigi Moutong

Jamaludin Jamaludin, Sunarto Amus, Hasdin Hasdin, Shofia Nurun Alanur, Windy Makmur, Nasran Nasran

Abstract


Menulis karya ilmiah merupakan hal yang tidak biasa di lakukan oleh guru di SDN Olobaru. Padahal karya ilmiah adalah kewajiban guru. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, khusus pada pasal 17 menjelaskan sebagai syarat pengusulan kenaikan jabatan atau pangkat guru harus memuat sub unsur publikasi ilmiah pada angka kreditnya. Peraturan ini mulai diberlakukan tanggal 1 Januari 2013, hal ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya berlaku untuk pengusulan kenaikan jabatan atau pangkat guru golongan IVa ke atas. Oleh karena itu, kebutuhan menulis karya ilmiah merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi guru. bukan hanya itu, penulisan karya ilmiah merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru. Hal ini juga sangat dirasakan guru-guru Sekolah Dasar di SDN Kecil Olobaru Kabupaten Parigi Moutong sebagaimana yang telah disampaikan Kepala Sekolah sebagai mitra PKM kepada tim pengabdi. Untuk mensosialisasi dan memotivasi penulisan karya ilmiah dan publikasinya di lingkungan guru-guru Sekolah Dasar diperlukan pelatihan dan pendampingan. Mayoritas guru masih awam dalam menulis karya ilmiah, apalagi mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal.

 Writing scientific papers is not usually done by teachers at SDN Olobaru. Even though scientific work is a teacher's obligation. Regulation of the Minister of Administrative Reform and Bureaucratic Reform Number 16 of 2009 concerning Functional Positions of Teachers and Their Credit Scores, specifically in article 17, explains that as a condition for proposing a promotion or rank of teacher must include a scientific publication sub-element in the credit score. This regulation came into force on January 1 2013; this is different from previous years, which only applies to proposals for promotion or rank of teacher class IVa and above. Therefore, writing scientific papers is a very important requirement for teachers. Not only that, but writing scientific papers is a skill that teachers must have. Elementary school teachers at Olobaru Small Elementary School, Parigi Moutong Regency, felt this, as conveyed by the Principal as a PKM partner to the service team. In order to socialize and motivate the writing of scientific papers and their publication among elementary school teachers, training and mentoring are needed. The majority of teachers are still unfamiliar with writing scientific papers, let alone publishing their scientific work in journals.


Keywords


Civic skill; Guru; Karya Ilmiah; Pelatihan; Peningkatan

Full Text:

PDF

References


Abubakar, A. (2015). Dampak sertifikasi guru terhadap kualitas pendidikan pada madrasah aliyah di kota kendari. Jurnal “Al Qalam,” 21(1), 117–128.

Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30.

Alanur, S. N., Nawing, K., Septiwiharti, D., & Syuaib, D. (2022). Pengembangan bahan ajar ppkn bermuatan nilai profil pelajar pancasila sebagai penguatan karakter kewarganegaraan siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(November).

Bawa, I. W. (2019). Upaya meningkatkan kinerja guru melalui pengembangan keprofesionalismean berkelanjutan pendidikan abad 21 di sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 430–436.

Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran penguatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 51–57.

Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru sd. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 8–13.

Irnawati, I., Suhari, S., Zaman, A., & Suhartono, S. (2021). Urgensi pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru ppkn dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Manggali Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 78–88.

Jamaludin, J., & Alanur, S. N. (2021). Pengembangan civic knowledge dan literasi informasi di masa pandemi covid-19 melalui case method pada mahasiswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 28–36.

https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10083

Jatiningsih, O., Habibah, S. M., Adi, A. S., Suyanto, T., & Warsono, W. (2021). Penguatan kemampuan berpikir logis pada guru-guru ppkn di mgmp magetan. Jurnal Abdi, 7(1), 50–59.

Kosasih, K. (2016). Peranan organisasi kemahasiswaan dalam pengembangan civic skills mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 64–74.

Listyaningsih, L., Suyanto, T., Jatiningsih, O., Satmoko, A., & Purba, I. P. (2020). Peningkatan kemampuan menulis artikel tentang pandemi covid 19 untuk pendidikan karakter siswa. Communnity Development Journal, 1(3), 489–498.

Lubis, S. S. W. (2017). Keterampilan menulis essai dalam pembentukan berpikir kritis mahasiswa prodi pgmi uin ar-raniry banda aceh. Pionir : Jurnal Pendidikan, 6(2).

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., & Putri, T. A. (2023). Pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis muatan lokal dalam implementasi kurikulum merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 63–72.

Saputri, C. E., Yanzi, H., Hidayat, O. T., & Mentari, A. (2019). Analisis pengembangan civic skills peserta didik oleh guru ppkn di mts al-ikhlas tanjung bintang. Jurnal Kultur Demokrasi.

Septafi, G. (2021). Analisis kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar angkatan 2019. ETJ : Educational Technology Journal, 1(2), 1–16.

Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru ips sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa smp. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13.

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2019). Peran guru sejarah abad 21 dalam menghadapi tantangan arus globalisasi. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50.

Tamami, S. (2020). Pengembangan modul ppkn berbasis masalah pada materi norma dan keadilan siswa kelas vii smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 178–186.




DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i3.8394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is licensed under
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0

From March 27, 2020 to June 3, 2020
View My Stats

From Juni 4, 2020 to the present (updated stats)
View My Stats