MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN KELAS X DENGAN METODE DEMONSTRASI
Abstract
Suatu perangkat media pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dalam menciptakan keaktifan peserta didik. Keberadaan media juga sangat membantu pendidik dalam proses pembelajaran, terutama dalam menyampaikan materi. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran interaktif berbasis web yang dapat merespon aktivitas peserta didik dalam mempelajari materi besaran dan pengukuran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kevalidan aplikasi interaktif berbasis web pada materi besaran dan pengukuran bagi murid di tingkat kelas X SMA dengan metode demonstrasi. Dalam studi ini, digunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang telah dibatasi yaitu tahap analyze, design, development dan evaluation. Javascript, JSON, HTML, CSS, Mathjax, Bootstrap dan Firebase adalah elemen-elemen teknologi yang terlibat dalam menciptakan media pembelajaran interaktif ini. Informasi yang muncul dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar validitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria validitas yang sangat tinggi, ketika validitas materi dinilai, mencapai 83%, sementara validitas media mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi besaran dan pengukuran untuk siswa SMA kelas X dengan metode demonstrasi yang telah dikembangkan dinyatakan valid.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(2), 162. https://doi.org/10.33366/cr.v6i2.929
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. PT.Rineka Cipta.
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6
Gafur, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(1), 144–161. https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.249
Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Nasrina, A., Santana Purba, H., Mahardika, A. I., Komputer, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2021). Media Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Drill and Practice. In Computing and Education Technology Journal (CETJ). http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj
Priyambodo, E., Wiyarsi, A., Lis, D. R., & Sari, P. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 42(2), 99–109.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Setio Sejati, W., Santana Purba, H., & Mahardika, A. I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA PEMBELAJARAN KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP DENGAN METODE DEMONSTRASI. In Computer Science Education Journal (CSEJ) (Vol. 1, Issue 2).
Suliwa, S., Munawaroh, F., & Rosidi, I. (2018). Pengaruh Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Natural Science Education Research, 1(2), 243–257. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4838
Wirani, N. (2020). Pentingnya Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Al’adzkiya International of Education and Sosial, 1(1), 16–24.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v4i1.10837
Refbacks
- There are currently no refbacks.