Pengembangan Media Interaktif Pada Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Pecahan dengan Metode Demonstrasi

Muhammad Nasrudin, R. Ati Sukmawati, Delsika Pramata Sari, Nuruddin Wiranda, Rizky Pamuji

Abstract


Banyak siswa menghadapi tantangan dalam memahami operasi perkalian dan pembagian pecahan karena operasi ini memerlukan pemahaman konsep yang lebih kompleks dibandingkan dengan operasi aritmetika lainnya seperti operasi bilangan bulat. Diperlukan suatu media pembelajaran interaktif bagi guru dalam penyampaian materi salah satunya yaitu media pembelajaran interaktif berbasis web. Salah satu pendekatan yang tepat untuk mengajar materi yang melibatkan prosedur adalah menggunakan metode drill atau latihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi perkalian dan pembagian pecahan yang dikembangkan dengan metode drill and practice yang valid. Pendekatan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan penerapan model pengembangan ADDIE yang telah dijelaskan secara spesifik. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan teknik angket berupa angket validasi materi dan validasi media. Dalam penelitian ini, telah berhasil dibuat sebuah media pembelajaran interaktif berbasis web yang fokus pada materi perkalian dan pembagian pecahan dengan menggunakan metode drill and practice. Media ini dikembangkan dengan memanfaatkan berbagai teknologi termasuk HTML, CSS, Javascript, Mathjax, Firebase, dan Netlify. Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk valid, dengan nilai validitas materi sebesar 79% dalam kategori cukup tinggi dan nilai validitas media sebesar 78% dalam kategori cukup tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web materi perkalian dan pembagian pecahan kelas V dengan metode drill and practice dinyatakan dapat digunakan untuk uji coba.

Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; Perkalian dan Pembagian Pecahan; Drill and Practice; Research & Development; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Augustin, N., Purba, H. S., & Sari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Statistika Dengan Metode Tutorial Untuk Siswa Kelas VIII. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 131. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11785

Azzahro, D. F., Salsabila, H. I., & Fitri, Y. N. (2023). Studi Literatur: Model Pembelajaran Pbl Dan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 4(Sandika IV). Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1188

Badriyah, N., Sukamto, & Subekti, E. E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02. Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), 9–25.

Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian Dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA PGSD, 8(1), 108–118.

Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997

Maulidan, M. H., Sukmawati, R. A., & Suryaningsih, Y. (2021). Media Berbasis Progressive Web Application ( PWA ) pada Pembelajaran Perpangkatan dan Bentuk Akar dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1, 44–61.

Muhammad, D. M., Purba, H. S., & Sari, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Kelas X Dengan Metode Drill and Practice. Computing and Education Technology Journal, 3(1), 40. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8775

Munawarah, F., Sukmawati, R. A., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Materi Sistem Koordinat Kelas VIII dengan Metode Problem Based Learning. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1(1), 28–43. Retrieved from http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj

Nawi, A. R., Rahmawati, N. K., & Iswadi. (2019). Penerapan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Drill dan Resitasi Pada Materi Bangun Datar Segitiga. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9, 13–18.

Sukmawati, R. A., Ridhani, M., Adini, M. H., Pramita, M., & Sari, D. P. (2021). Metode Drill and Practice dalam Pembelajaran Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII Berkonteks Lahan Basah Menggunakan Multimedia Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(3).

Swaratifani, Y., & Budiharti. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 14–19.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Zahir, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Live Streaming Pengetahuan Komputer Berbasis Website. D’ComPutarE: Jurnal Ilmiah Information Technology, 9(2), 1–7. Retrieved from http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/computare/article/view/1467




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v4i1.12329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter