Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Platform Powtoon pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Novi Rizka Inayah, R. Ati Sukmawati, Rizki Amalia

Abstract


Salah satu inovasi dalam pembelajaran adalah melalui pemanfaatan teknologi dan informasi dalam media pembelajaran. Dengan bantuan teknologi diharapkan akan menghasilkan media pembelajaran yang menarik, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah platform powtoon. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis video menggunakan platform powtoon pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa kelas IX yang valid dan praktis. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model 4D. Karena adanya pandemi Covid-19, maka pengembangan dibatasi sampai tahap develop, yaitu uji validitas dan uji kepraktisan. Kriteria kevalidan diperoleh dari tiga orang validator materi dan tiga orang validator media. Sementara kepraktisan diukur berdasarkan respon dua guru matematika dan siswa di kelas IX G SMP Negeri 9 Banjarmasin setelah pembelajaran menggunakan media yang dikembangkan. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Berdasarkan hasil analisis ini, media pembelajaran berbasis video menggunakan platform powtoon pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa kelas IX yang dikembangkan ini tergolong dalam kategori valid dan praktis.

One of the innovations in learning is through the use of technology and information in learning media. With the help of technology, it is hoped that it will produce interesting learning media, so that it can increase student interest in learning, which in turn can improve student understanding. One technology that can be used is the powtoon platform. The purpose of this research is to produce video-based learning media using the powtoon platform on the material of curved side space for class IX students that is valid and practical. The development of this learning media uses a 4D model. Due to the Covid-19 pandemic, development is limited to the develop stage, namely validity testing and practicality testing. The validity criteria were obtained from three material validators and three media validators. Meanwhile, practicality was measured based on the responses of two mathematics teachers and students in class IX G SMP Negeri 9 Banjarmasin after learning using the developed media. The data analysis technique used descriptive statistics. Based on the results of this analysis, the video-based learning media using the Powtoon platform on the curved side space for class IX students that was developed is categorized as valid and practical.


Keywords


Media Pembelajaran;Video; Powtoon; Bangun Ruang Sisi Lengkung;

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon Pada Pembelajaran Matematka Untuk Siswa Sekolah Dasar. JMPM : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40-50.

Hartina, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VII SMP/MTS.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Mustami, M. K., Hamansah, & Fitriyani. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Strategi Motivasi ARCS Materi Sistem Imunitas Pada Kelas XI MIA Mamadani Alaudin Pao-Pao. Jurnal Al-Ahya, 1(2), 85-110.

Nurseto, T. (2011). Membut Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19-35.

Pais, M. H., Nogues, F. P., & Munoz, B. R. (2017). Incorporating Powtoon As A Learning Activity Into a Course On Technological Innovation As Didactic Resources For Pedagogic Programs. International Journal Of Emerging Technologies In Learning, 12(6), 120-131.

Riana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano FMIPA UNNES, 3(1), 59-72.

Safrina, K., Ikhsan, M., & Anizar, A. (2014, April). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 9-20.

Suherman, E. (2001). Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v1i0.4427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter