PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SD DENGAN METODE TUTORIAL

Anisa Pratiwi, Noor fajriah, Nuruddin Wiranda

Abstract


Abstrak. Media pembelajaran bebasis web adalah satu contoh dari bentuk perkembangan teknologi dalam pendidikan. Sebagai contoh, guru menggunakan sebuah media pembelajaran berbasis web untuk melakukan proses pembelajaran yang dapat digunakan kapan dan dimana saja. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis web pada materi FPB dan KPK  kelas IV SD dengan metode tutorial. Kelayakan ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek uji coba media pembelajaran sebanyak 20 peserta didik dan seorang guru SDN Standar Nasional Pelambuan 4 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan lembar validitas, angket dan tes belajar peserta didik. Hasil kelayakan media pembelajaran di ketahui dengan hasil uji kevalidan materi yang diperoleh dari dua orang pakar materi tinggi dan hasil uji validasi media yang dilakukan oleh dua orang pakar media diperoleh dengan kriteria kevalidan sangat tinggi. Hasil respon pengguna diperoleh dari peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran menunjukkan kriteria praktis. Hasil belajar peserta didik terdapat peningkatan dengan perhitungan N-Gain dengan kategori Sedang/Efektif dan memenuhi ketuntasan klasikal. Media pembelajaran dikatakan layak karena memenuhi keriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Web, FPB dan KPK, Metode Tutorial, Model Pengembangan ADDIE.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreatifitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 1, Hal. 25- 49.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danang, & Nizar, M. F. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pts Jurusan Komputer Menggunakan Metode Ahp Di Kota Semarang. Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 1, 45-52.

Farell, G., Ambiyar, Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.3 No.4, Hal 1185 - 1190.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konference Pendidikan Nasional ISSN: 2654-8607 (hal. 93-97). Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 3, No 2, Hal 167- 182.

Purboningsih, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, UNY ISBN. 978-602-73403-0-5, Hal. 467-474.

Rohati, Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica Vol.08 No.02, Hal. 81-91.

Sari, A. P., & Marlena, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Administrasi Transaksi pada Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 4 No. 3, Hal. 4102-4115.

Sari, Y. K., Susilowati, S. M., & Ridlo, S. (2013). Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching Pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Berbasis Karakter Dan Konservasi. Unnes Journal of Biology Education 2 (2), Hal. 166-172.

Sukmawati, R. A., Ridhani, M., Adini, M. H., Pramita, M., & Sari, D. P. (2021). Metode Drill And Practice Dalam Pembelajaran Bentuk Aljabar Siswa Kelas Vii Berkonteks Lahan Basah Menggunakan Multimedia Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah Volume 6 Nomor 3.

Suratman, A., Rakhmasari, R., & Apyaman, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Analisa, Hal. 41-50.

Suryawan, I. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma Vol. 9 No. 1, Hal. 108-117.

Zainiah, R., & Rijanto, T. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Dan Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel Instalasi Penerangan Listrik Di Smkn 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol.05 No. 02, Hal. 515-522.




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter