Traffic Performance Analysis Based on Greenshield, Greenberg and Underwood Modeling on Jalan Raya Batulicin Tanah Bumbu

Siti Aisyah, Muhammad Arsyad

Abstract


Saat ini pertumbuhan penduduk semakin pesat dan berbanding lurus dengan pertumbuhan Tingkat kebutuhan masyarakat terhadap jalan tinggi mengakibatkan kemacetan terhadap lalu lintas. Fasilitas umum yang disediakan pemerintah dalam pengelolaan Tata Kota juga berpengaruh terhadap Kemacetan Lalu lintas akibat tidak memperhitungkan Lahan parkir yang cukup untuk pengunjung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui volume dan kecepatan pengguna jalan dan Mengetahui Kinerja Lalu Lintas di ruas Jl.Raya Batulicin, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Model Greenshield, Model Greenberg dan Model Underwood untuk mengetahui Kapasitas pada ruas jalan ditunjang dengan Data Volume Lalu Lintas harian dan Kecepatan Kendaraan Ringan untuk mendapatkan kepadatan pada ruas jalan. Hasil survey volume kendaraan ringan pada ruas jalan Jl.Raya Batulicin yaitu pada hari sabtu yaitu 1162 smp/jam, Kecepatan maksimum kendaraan ringan yaitu 79 km/jam, Kinerja jalan pada ruas jalan Raya Batulicin didapat dari Analisis Permodelan Greenshield, Greenberg dan Underwood dengan Analisis MKJI 1997, Analisis Permodelan Greenshield, Greenberg dan Underwood didapat nilai ITP dengan perbandingan V/C didapat nilai maksimum yaitu DS 0,21 dengan nilai ITP B, nilai ITP dengan perbandingan F minimum didapat nilai maksimum yaitu 28,94 km/jam pada hari minggu sehingga nilai ITP nya yaitu D dengan pengertian Jalan mendekati Arus tidak stabil. Adapun Analisis MKJI 1997 yaitu Kapasitasnya 1405 smp/jam sehingga nilai DS maksimum yaitu DS 0,83 pada hari sabtu dengan Volume kendaraan yaitu 1162 smp/jam dengan ITP C artinya arus stabil.

 

Kata Kunci: Volume Lalu Lintas, Analisis Kecepatan, Model Greenberg, ITP, Jl.Raya Batulicin


Full Text:

PDF

References


Aisyah, B. (2017). Analisis D Parkir Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Ruas Jalan Sekitar Mall Panakkukang.

Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Ali, C. (2020). Analisis Tundaan Masuk dan Perencanaan Gerbang Parkir Qmall Banjarbaru. Banjarbaru: Fakultas Teknik ULM.

Anwar, A. n. (2009). Studi Kebutuhan Ruang Parkir Rumah Sakit Pendidikan. Universitas Diponegoro. Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Ditjen Bina Marga.

Departemen Perhubungan. (1996). Direktur Jenderal Perhubungan Darat Tentang Pedoman Teknik penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta: Sekertariat Perhubungan Darat.

Firmansyah. (2012). Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Suatu Wilayah (Studi Kasus di Jalan Lenteng Agung).

Jakarta: Universitas Pancasila Jakarta.

Grest, dkk (2018). Analisis Kapasitas berdasarkan permodelan greenshield, Greenberg dan Underwood dan Analisis Kinerja Jalan pada Ruas jalan sam Ratulangi manado. Fakultas Teknik: USRM

Keputusan Menteri Perhubungan. (1993). Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 66 tentang Fasilitas Parkir. Jakarta: Sekertariat Menteri Perhubungan.

Menteri Perhubungan. (1993). Keputusan Menteri Perhubungan No 38 KM 66 Tentang Fasilitas Parkir.

Sekertariat Menteri Perhubungan, Bab III.

Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia No 38 Tentang Jalan. Jakarta: Skertariat Negara.

Vertika, S. (2015). Studi Elevasi Parkir Tepi Jalan Terhadap Kelancaran Arus Lalu Lintas Pada Jalan Pasar Besar Malang. Malang: ITN.

Wahyudi, M. d. (2021). Pengaruh Kendaraan Pribadi Terhadap Pelayanan Ruas Jalan Pada Jalan Jenderal Sudirman Palembang. Malang: Politeknik Negeri Sriwijaya.




DOI: https://doi.org/10.20527/crc.v6i6.13206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Aisyah, Muhammad Arsyad



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

joomla
statistics View My Stats

Indexed By:

 

GOOGLE SCHOLAR : Kutipan = 2, H-index = 1, i10-index = 0