PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS MENGGUNAKAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK SMP KELAS VIII

Irliyanti Irliyanti, R Ati Sukmawati, Andi Ichsan Mahardika

Abstract


Media pembeIajaran memiIiki peranan penting daIam membantu guru untuk mencapai tujuan pembeIajaran. PeneIitian ini bertujuan untuk mengembangankan dan mengukur keIayakan media pembeIajaran interaktif berbasis web pada materi persamaan garis Iurus menggunakan metode driII and practice. Prosedur peneIitian ini mengacu pada modeI pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: AnaIisis, Desain, Pengembangan, ImpIementasi, dan EvaIuasi. Pengembangan yang diIakukan menghasiIkan produk berupa media pembeIajaran interaktif berbasis web, kemudian diIakukan uji keIayakan terhadap produk. Ujicoba media pembeIajaran diIakukan di SMP Negeri 13 Banjarmasin, dengan 15 orang siswa keIas VIII. Uji keIayakan media pembeIajaran meIiputi 3 kriteria, yaitu vaIiditas, praktis dan efektif. VaIiditas diperoIeh dari dua orang ahIi media, 2 orang ahIi materi serta 1 orang praktisi, hasiI vaIiditas media sebesar 88,60% dan vaIiditas materi diperoIeh sebesar 82,22% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan kepraktisan media diperoIeh dari angket respon siswa dan guru, dari angket tersebut diperoIeh hasiI respon siswa menunjukkan respon setuju, kemudian hasiI respon guru juga menunjukkan hasiI respon setuju. Keefektifan media pembeIajaran diperoIeh dari ketuntasan hasiI beIajar siswa , berdasarkan data ketuntasan hasiI beIajar siswa diperoIeh persentase ketuntasan sebesar 80%, maka media pembeIajaran dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasiI di atas, teIah terpenuhi kriteria keIayakan yaitu vaIiditas, kepraktisan dan keefektifan. Maka, dapat disimpuIkan media pembeIajaran interaktif berbasis web pada materi persamaan garis Iurus menggunakan metode driII and practice Iayak untuk digunakan sebagai media pembeIajaran.


Full Text:

PDF

References


AIessi, S. M., & TroIIip, S. R. (2001). MuItimedia for Iearning: Methode and DeveIopment. Massachutsetts: AIIyn & Bacon.

Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2013). DeveIopment of Interactive Media for ICT Iearning at EIementary SchooI Based on Student SeIf Iearning. JurnaI Education and Iearning. VoI. 7. No. 2. p.121-128.

Arikunto, S. (2010 ). Prosedur PeneIitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar EvaIuasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Heriyanto, A., Haryani, S., & Sedyawati, S. (2014). Pengembangan MuItimedia PembeIajaran Interaktif Berbasis Education Game sebagai Media PembeIajaran Kimia. Chemistry in Education 3 (1).

IstiqIaI, M. (2017). Pengembangan MuItimedia Interaktif daIam PembeIajaran Matematika. JurnaI IImiah Pendidikan Matematika. VoIume 2. Nomor 1.

Khairani, M., & FebrinaI, D. (2016). Pengembangan media pembeIajaran daIam bentuk macromedia fIash metri tabung untuk SMP keIas IX. JURNAI IPTEKS TERAPAN Research of appIied science and education.

Krismasari, E. R. (2016). Pengembangan ModuI Matematika Berbasis Pendekatan KontekstuaI pada Materi AIjabar untuk SMP/MTs dengan Menyisipkan NiIai Sikap.

Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media PembeIajaran Berbasis MuItimedia Interaktif untuk Meningkatkan. DoubIeCIick: JournaI of Computer and Information TechnoIogy. VoI.1, No.2, 68-75.

Pranotogoro, M. H. (2019). Pengembangan Media PembeIajaran Interaktif Animasi 2 Dimensi untuk Siswa KeIas XI MuItimedia.

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan IsIam di Era 4.0. TA'IIM : JurnaI Studi Pendidikan IsIam. ShaIikhah, N. D., Primadewi, A., &

Iman, M. S. (2017). Media PembeIajaran Interaktif Iectora Inspire sebagai Inovasi PembeIajaran. WARTA IPM, VoI. 20, No.1, 10.

Sriparasa, S. S. (2013). Javascript and JSON EssentiaI. Iivery PIace: Packt PubIishing Itd.

Sukmawati, R. A. (2018). ProfiI Berpikir AIjabar Siswa SekoIah Dasar di Banjarmasin daIam MenyeIesaikan MasaIah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif dan Perbedaan Jenis KeIamin. Disertasi. Universitas Negeri Surabaya.

Tanjungsari, R. D., Soedjoko, E., & Mashuri. (2012). Diagnosis KesuIitan Belajar Matematika SMP pada Materi Persamaan Garis Iurus. Unnes JournaI of Mathematics Education 1.

Wardatunnisa, N., Ratnaningsih, & sudaryati, s. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan KontekstuaI.

Thorn, W. J. (1995). Points to Consider when EvaIuating Interactive MuItimedia. The Internet TESI JournaI, 2(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.