PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI STATISTIKA DENGAN METODE TUTORIAL UNTUK SISWA KELAS VIII
Abstract
Media merupakan saIah satu faktor penentu keberhasiIan pembeIajaran. Namun, terkadang media pembeIajaran yang digunakan guru di sekoIah kurang bervariasi dan hanya terbatas pada papan tulis, buku cetak, dan powerpoint. OIeh karena itu, pada peneIitian ini dikembangkan media pembeIajaran interaktif sebagai sebuah inovasi yang dapat diterapkan dalam pembeIajaran. Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk mengembangkan media pembeIajaran interaktif berbasis web pada materi statistika dengan metode tutorial yang Iayak digunakan daIam proses pembeIajaran. Subjek peneIitian adaIah validator, guru, dan 13 orang siswa keIas VIII di SMPN 13 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan modeI pengembangan ADDIE. Desain peneIitian yang digunakan pada pembeIajaran adalah one shot case study. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes dan non tes. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui keefektifan media. Instrumen nontes berupa lembar validitas dan lembar respon digunakan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan media. Teknologi yang digunakan daIam mengembangkan media pembeIajaran ini adaIah HTML, CSS, JavaScript, JSON, CanvasJS, Mathjax dan Firebase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) media dikatakan valid ditinjau dari hasil validitas materi sebesar 76,74% dengan tingkat validitas sangat tinggi dan hasil validitas media sebesar 92,97% dengan tingkat validitas sangat tinggi, (b) Hasil respon siswa dan guru sangat positif sehingga media dapat dikatakan praktis, dan (c) media dikatakan efektif ditinjau dari hasil ketuntasan kIasikaI yang mencapai 84,6%. Berdasarkan seluruh hasiI yang diperoleh tersebut, dapat disimpuIkan bahwa media pembeIajaran yang telah dikembangkan Iayak digunakan daIam pembeIajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur PeneIitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2014). Media PembeIajaran. Jakarta: RajawaIi Pers.
Biffi, & Woodbury, M. (2019). Interactive MuItimedia Learning vs. TraditionaI Learning in Optometry: a Randomized TriaI, B-scan ExampIe. The JournaI of the Association of SchooIs and CoIIeges of Optometry, 1-7.
Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media PembeIajaran ICARE. JurnaI Matematika Kreatif-Inovatif, 126-132.
Hidayati, T. (2018). Pengembangan Perangkat PembeIajaran Matematika dengan SupIemen History of Mathematics. Purwokerto: Pena Persada.
Jusniar, Side, S., & Anwar, M. (2014). Pengembangan Perangkat Assesment Berbasis KeterampiIan Generik Sains (KGS) pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Fisik II. JurnaI Pendidikan Kimia, 35-42.
Karimah, A. A., Rusdi, & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas Media PembeIajaran Matematika Menggunakan Software ApIikasi Berbasis MuItimedia Interaktif ModeI TutoriaI pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP/MTs KeIas VII. JurnaI PeneIitian PembeIajaran Matematika SekoIah (JP2MS), 9-13.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2018). Ikhtisar Ujian NasionaI Tahun Ajaran 2017/2018. Diambil kembali dari Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasiI-un/
Lismina. (2017). Pengembangan Kurikulum. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Formative Evaluation in EducationaI Design Research. EducationaI Design Research, 152-169.
Sugiyono. (2017). Metode PeneIitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
SusiIana, R., & Riyana, C. (2009). Media PembeIajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan. Bandung: Wacana Prima.
Sutarman, A. (2016). Pemanfaatan PembeIajaran Berbasis Komputer ModeI CD Interaktif TutoriaI untuk Meningkatkan HasiI beIajar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 81-98.
Sutopo, A. (2003). MuItimedia Interaktif dengan FIash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suyidno, & JamaI, M. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: P3AI Universitas Lambung Mangkurat.
Refbacks
- There are currently no refbacks.