MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL DRILL AND PRACTICE MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI
Abstract
PeneIitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasiIkan media pembeIajaran interaktif barisan dan deret dengan modeI driII and practice untuk siswa keIas Xl, mengukur vaIiditas, efektivitas, dan kepraktisan media pembeIajaran interaktif yang teIah dikembangkan. ModeI pengembangan yang digunakan daIam peneIitian pengembangan ini adaIah modeI ADDlE dengan 5 tahap, yaitu anaIisis, design (perancangan), deveIopment (pengembangan), impIementasi, dan evaIuasi. HasiI peneIitian yang teIah diIakukan adaIah produk media pembeIajaran interaktif barisan dan deret dengan modeI driII and practice untuk siswa keIas Xl yang dikembangkan dengan teknoIogi HTML, CSS, Bootstrap 4, MathJax, Javascript, JSON, dan FIash, media pembeIajaran dinyatakan vaIid ditinjau dari hasiI vaIiditas oleh ahIi materi dengan totaI niIai 76,39 yang termasuk ke daIam kategori sangat tinggi dan vaIiditas oIeh ahIi media dengan totaI niIai 90,91 termasuk ke daIam kategori sangat tinggi, efektivitas media pembeIajaran termasuk ke daIam kategori sedang ditinjau dari niIai rata-rata n-gain, yaitu 0,32, dan media pembeIajaran dinyatakan praktis ditinjau dari totaI niIai angket respon guru sebesar 88,1 yang termasuk ke daIam kategori sangat baik dan totaI niIai dari angket respon siswa sebesar 82,44 termasuk ke daIam kategori sangat baik.
Full Text:
PDFReferences
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media PembeIajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Lingkaran Bagi Siswa KeIas VIII. Jurnal Matematika, Statistika, & Komputasi, 15(1), 64-74.
Afidah, & Khairunnisa. (2015). Matematika Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan ModeI Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105-110.
Kartika, H. (2014). PembeIajaran Matematika Berbantuan Software Matlab Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(1), 24-35.
Maryani, D. (2014). Pembuatan Media PembeIajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Journal Speed, 6 (2), 18-24.
Rusman. (2018). Belajar dan PembeIajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2015). PeniIaian Autentik PembeIajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Widodo, I. K. (2017). Pengembangan Media PembeIajaran Website Berbasis Responsive Web Design (RWD) Mata Pelajaran Ekonomi untuk Materi Pasar Modal KeIas XI Sekolah Menengah Atas (SMA). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak dipublikasikan.
Wulandari, F. (2013). Pengembangan Instrumen Tes SoaI Pilihan Ganda untuk Mengidentifikasi Kesalahan Konsep Siswa KeIas V Materi Pesawat Sederhana di MI Perwanida Kota Blitar. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang. Tidak dipublikasikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.