PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP KELAS VIII DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Perkembangan zaman semakin pesat, media pembelajaran yang dulunya hanya konvensional kini muncul media pembelajaran interaktif. Pada saat ini pembelajaran di kelas dilakukan secara daring karena pandemi Covid-19. Media pembelajaran interaktif berbasis web dapat menjadi alat bantu guru mengajar secara daring. Tujuan peneIitian ini adaIah untuk mengembangkan media pembeIajaran interaktif berbasis web dan mengetahui tingkat keIayakannya yang diukur dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Alur penyajian materi pada media pembelajaran ini menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Jenis peneIitian ini adaIah Research and DeveIopment dan modeI pengembangan aplikasi ini adaIah ADDIE. Teknologi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah HTML, CSS, Javascript, Flash, dan Scratch. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang diukur dari skala Likert. Hasil validasi materi adalah 74,19% dan hasil validasi media adalah 73,21 %, artinya kevalidan masuk dalam kategori valid. Selanjutnya media pembelajaran di ujicoba ke peserta didik dengan desain penelitian one group pretest posttest, hasil ujicoba pretest dan posttest diukur dengan n-gain, skor n-gain yang diperoleh adalah 0,32, artinya keefektifan termasuk dalam kategori sedang. Tahap akhir adalah mengetahui respon guru dan peserta didik seteIah menggunakan media pembeIajaran tersebut, hasil respon peserta didik adalah 85,37 %, dan hasil respon guru adalah 88,39 % yang artinya kepraktisan masuk dalam kategori sangat positif.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V.MIMBAR PGSD Undiksha.
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika.
Hidayat, Rahmat. (2010). Cara Praktis membangun Website Grafis Memanfaatkan Layanan Domain dan Hosting gratis. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Jainuri, M. (2015). Skala Pengukuran: https://www.slideshare.net/jenkelana/skala-pengukuran-138019935. Retrieved from Slideshare.
Kahar, M. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir matematis siswa SMA kota Sorong terhadap butir soal dengan graded response model. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah.
Romadhona, Febri. (2018). Pengembangan Edugame Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game (Rpg) Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Tav Di Smkn 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.
Suharjana, A. (2008). Mengenal bangun ruang dan sifat-sifatnya di sekolah dasar. Jakarta: Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi.
Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Warsita, Bambang. (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.