PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HYPERMEDIA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Muhammad Nazmi Zulfianor, R Ati Sukmawati, Nuruddin Wiranda

Abstract


Kualitas pendidikan sangat menentukan kualitas suatu bangsa. Kualitas pendidikan sangat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran dan media pembelajaran adalah dua aspek penting yang dapat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ialah untuk menghasilkan serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis hypermedia pada pokok bahasan teorema phytagoras dengan metode pembelajaran berbasis masalah yang dapat digunakan sebagai media belajar. Dilakukannya penelitian pengembangan, mengacu pada lima tahapan model atau prosedur pengembangan ADDIE. Pengembangan media pembelajaran ini
menggunakan beberapa teknologi seperti HTML yang digunakan untuk menulis teks konten, CSS yang berfungsi untuk
mengatur halaman HTML sehingga lebih terstuktur, Javascript berfungsi agar konten yang terdapat dalam media
pembelajaran yang dikembangkan menjadi lebih interaktif, Mathjax digunakan untuk menulis persamaan matematika, JSON
digunakan sebagai database soal latihan, Flash yang digunakan untuk membuat animasi dan actionscript 2.0 digunakan
untuk membuat animasi interaktif. Penelitian ini memiliki subjek antara lain validator ahli materi, validator ahli media, guru
dan peserta didik kelas VIII D di SMPN 4 Alalak, Barito kuala. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran yang
sudah dikembangkan mendapat penilaian 82.81% dari ahli materi dan masuk katagori sangat layak, 80% dari ahli media dan
masuk katagori layak. Selain itu, media pembelajaran ini mendapat respon dengan katagori sangat baik dari guru dan
peserta didik karena mendapatkan persentase sebesar 89% dan 89.17%. Dari hasil data yang didapat, media pembelajaran
yang sudah dibuat dapat dinyatakan layak dan sangat baik digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. & Safruddin A.J.C. (2013). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Tahap I Bahan Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP,Jakarta.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Direktorat Pendidikan

Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah, Jakarta.

Frasidik, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Hypermedia untuk Meningkatkan High Order pada materi Alat Optik SMA. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Tidak dipublikasikan.

Islamawati, K., Wijoyo, S., & Wardhono, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Desain Jaringan Lokal (LAN) dengan Model Pembelajaran Problem Base Learning

(studi kasus: Di SMK Negeri 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.

Krismasari, E. R. (2015). Pengembangan Modul Matematika berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Aljabar untuk SMP/MTs. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Ponorogo. Tidak dipublikasikan.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3).

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sari, D. P. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VII dengan Tema “Hujan Asam”, Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Syifaunnur, H. (2015). Pengembangan dan Analisis Kelayakan Multimedia Interaktif “Smart Chemist” berbasis Intertekstual sebagai Media Pembelajaran Kimia Sma. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang. Tidak dipublikasikan.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 4.1:1-10, Mosharafa.

Sukmawati, R. A., Adini, M. H., Pramita, M., & Rizqan, A. (2021) IMPLEMENTASI GAMIFIKASI PADA PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 163-181.

Prabawanto, S. (2009). Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa. Makalah Disampaikan dalam Acara Workshop Nasional PMRI untuk Dosen S1 Matematika PGSD di Hotel Cipaku Indah Bandung (pp. 27-30).”

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.