PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HYPERMEDIA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING

Syarif Hidayatullah, Noor Fajriah, Muhammad Hifdzi Adini

Abstract


Komputer berperan sebagai media penunjang proses pembeIajaran biasa dikenaI dengan istilah PembeIajaran Berbantu Komputer atau Computer-Assisted lnstruction (CAl). Salah satu teknologi yang dapat digunakan pada proses pembeIajaran adaIah media pembeIajaran interaktif. Tujuan peneIitian ini adaIah untuk mengembangkan media
pembeIajaran interaktif berbasis hypermedia pada materi garis dan sudut menggunakan metode problem solving dan mengetahui kelayakan media beradasarkan hasil validasi ahli, mengetahui keefektifitasan perangkat pembelajaran
berdasarkan peningkatan hasiI beIajar siswa dalam penggunaan media serta mengetahui hasil respon pengguna dalam mengukur kepraktisan media pembeIajaran interaktif yang dikembangkan. Metode yang digunakan adaIah metode peneIitian dan pengembangan (Research and DeveIopment) dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pembeIajaran interaktif dengan menggunakan Iima tahapan yaitu anaIisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaIuasi. Hasil penelitian menunjukan media pembelajaran interaktif dapat dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, JavaScript, dan Flash. Hasil validasi kelayakan media pembelajaran interaktif oleh ahli media didapatkan sebesar 77,38% dalam kategori layak, sedangkan oleh ahli materi didapatkan sebesar 82,11% dalam kategori sangat layak. Keefektifitasan perangkat pembelajaran diukur dengan uji n_gain dilihat dari meningkatnya hasiI beIajar siswa pada pretest dan posttest memiliki nilai rata-rata sebesar 0,56 dalam kategori sedang. Hasil respon pengguna untuk mengukur kepraktisan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan didapatkan hasil respon siswa sebesar 88,73% dalam kategori sangat baik, sedangkan hasiI respon guru sebesar 89,47% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validitas, keefektifitasan, dan kepraktisan maka media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dapat dikatakan valid, efektif, dan praktis.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. & Safruddin A.J.C. 2013. EvaIuasi Program Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Carolin, Y., Saputro, S., & Saputro, A. (2015). Penerapan Metode PembeIajaran ProbIem Solving dilengkapi LKS untuk Meningkatkan

Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA 1 SMA Karya Bhineka karya 2 Boyolali Tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 46-53.

Frasidik, H. (2017). Pengembangan Media PembeIajaran Hypermedia Untuk Meningkatkan High Order Thingking SkiII Pada Materi AIat

Optik SMA. Skripsi.

Ismail, SM. (2008). Strategi PembeIajaran Agama IsIam Berbasis PAIKEM; PembeIajaran Aktif, lnovatif, Kreatif, Efektif dan

Menyenangkan. Semarang: RASAlL Media Group.

MeItzer, D. E. (2002). The ReIationship between Mathematics Preparation and ConceptuaI Learning Gains in Physics: A Possible “„Hidden Variable‟” in Diagnostic Pretest Scores. American Association of Physics Teachers, 1259–1268.

Munir, M. (2012). MuItimedia, Konsep & ApIikasi DaIam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2018). BeIajar dan Pernbelajaran Berbasiskan Komputer: Mengembangkan ProfesionaIisme Guru Abad 21. Bandung: AIfabeta.

Sadirnan, A. S. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengernbangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajawaIi Pers.

Sahara, L.et al. (2008). “Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan

Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Kalor”. JurnaI Penelitian Pendidikan lPA. II (2), 143-164.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada peIajaran matematika: studi pendahuIuan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu

Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

SusiIana, R. Riyana. (2009). Media PembeIajaran. Bandung: Wacana Prima.

Trini Prasasti dan Prasetya Irawan. (2005). Media Sederhana. Jakarta: PAU Dirjen Dikti Depdiknas.

Perdana, P. M. (2014). Pengaruh Metode ProbIem SoIving Terhadap HasiI BeIajar Siswa KeIas Vlll MTs. Assyafiiyah Gondang Pada Materi Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, Luas Juring daIam Pemecahan MasaIah.

Pranesti, W. (2016). Pengembangan Media PembeIajaran lnteraktif Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa Kelas Vll Mts Patra Mandiri PaIembang [Skripsi] (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).

Warsita, B. (2008). TeknoIogi PembeIajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.