PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA PEMBELAJARAN KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP DENGAN METODE DEMONSTRASI
Abstract
orang pakar media diperoleh kriteria kevalidan sangat tinggi. Hasil respon pengguna yaitu, peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran menunjukkan kriteria praktis. Hasil belajar peserta didik diperoleh persentase ketuntasan sebesar 86,7%. Sehingga media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan dapat dikatakan Iayak karena memenuhi keriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, M. S., & Kustijono, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Simulasi Game pada Pokok
Bahasan Gerak Parabola untuk Mendukung Ketuntasan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Invovasi Pendidikan Fisika, 17-20.
Ai'syah, S., Nida, S., & Pratiwi, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Learning Cycle 5E Pada Pokok Bahasan
Klasifikasi Materi dan Perubahannya. SEMINAR NASIONAL PEMBELAJARAN IPA KE-2 (p. 6). Malang: Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang.
Alfarizi. S, A. M., & Sulistiyo, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) pada Materi Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 277-283.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rikena Cipta.
Devega, A. T., & Suri, G. P. (2019). Pengambangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa SMK. Engineering And Technology International Journal, 11-18.
Divayana, D. H., Suyasa, P. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (pp. 149-157). Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dwiqi, G. C., Sudatha, I. W., & Sukmana, A. I. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 33-48.
Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 82-88.
Fauziah, F., & dkk. (2016). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa di SMP Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 26-37.
Fitri, H., & Ismulyati, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Media Animasi pada Materi Koloid di Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Edukasi Kimia, 19-24.
Ginting, S. B. (2019). Pengembangan Media Video Praktikum IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Topik Klasifikasi Zat dan Perubahannya di Kelas VII SMP. Medan: Universitas Negeri Medan.
Husein, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengembangan Trainer Smart Traffic Light Berbasis Mikrokontroller Arduino pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di SMK Negeri 1 Cerme. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1).
lklimah, M., & Agung, Y. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran lnteraktif dengan Menggunakan Software Construct 2 pada Mata PeIajaran EIektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 57-63.
Indra, D., Maksum, H., & Abdullah, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Edutech Undiksha, 14-22.
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 166-182.
Kumala Dewi, C. I. (2020). Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Budaya Lokal pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Singaraja: UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Nahdi, D. S., Yonand, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.2 Edisi Juli 2018, 9-16.
Pramuaji, A., & Munir, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 57-63.
Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal POSITIF, 14-28.
Rasiman, Kartinah, Dina, P. dan Didik, F.X. 2016. Humanistic Mathematics Learning Assisted by Interactive CD using SAVI approach to Increase Students’ Critical Thinking Skill. Journal of Pure and Applied Mathematics, 4(12):3683-3692.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1-7.
Sukmawati, R. A. (2018). Profil Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Dasar di Banjarmasin dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif dan Perbedaan Jenis Kelamin. Disertasi. Universitas Negeri Surabaya.
Sultonik, A., Siddik, M., & Sudarman. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Appsgeysers Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Muhammadiyah 2 Full Dar Education Sangatta Utara. Jurnal Pendas Mahakam, 1-5.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 101-112.
Zainiah, R., & Rijanto, T. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi dan Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada MAPEL Instalasi Penerangan Listrik di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 515-522.
Zaki, A. (2019). Meningkatkan aktifitas dalam pembelajaran dengan pelatihan pengembangan media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar (p. 4). MAKASAR: UNIVERSITAS NEGERI MAKASAR.
Refbacks
- There are currently no refbacks.