PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE

Siti Aisyah, Noor Fajriah, Nuruddin Wiranda

Abstract


Media pembelajaran merupakan alat untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik, yang dimaksudkan agar guru terbantu dalam kegiatan belajar mengajar sehingga prestasi peserta didik meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dan menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada
materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel kelas VII dengan metode drill and practice. Metode penelitian ini adalah Research & Development dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Peserta didik kelas VII SMP Negeri sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan dan analisis data menggunakan tes, angket, dan analisis statistika deskriptif. Teknologi yang diperlukan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis web yaitu CSS, HTML, Mathjax, JavaScript, Geogebra, Scratch, Firebase, dan Json. Validitas dinilai oleh pakar (materi dan media) memperoleh presentase capaian berkategori sangat valid dan kategori valid, keefektifan media pembelajaran diperoleh dari ketuntasan peserta didik dengan presentase 80%, dan kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon yang memberikan respon positif. Berdasarkan hasil validitas, efektifitas, dan kepraktisan, diperoleh bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. (2020). The Development of Web-Based Learning using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic . Journal of Science Learning.

BNSP. (2011). Rancangan Standar Sarana dan Prasarana . Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Budoya, M. C., Kissake, M. M., & Mtebe, J. S. (2019). Instructional design enabled Agile Method using ADDIE Model and Feature. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology Driven Development method.

Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan media gambar berbasis potensi lokal pada pembelajaran materi keanekaragaman hayati di kelas X di SMA 1 pitu riase kab. sidrap. Jurnal Pendidikan Dasar Islam.

Haryanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Husna, N. (2019). Miskonsepsi Siswa dalam Materi Persamaan Linier Satu pada Siswa SMP Negeri 2 Sebawi. Ilmu Pendidikan.

Ismanto, E., & Cynthia, E. P. (2017). Drill And Practice Model Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pembentukan Objek Primitif Sederhana Dua Dimensi. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika.

Kartika, Y., Wahyuni, R., Sinaga, B., & Rajagukguk, J. (2019). Improving Math Creative Thinking Ability by using Math Adventure Educational Game asan Interactive Media. Journal of Physics: Conference Series.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD).

Nuryadi. (2018). Keefektifan media matematika virtual berbasis teaams game tournament ditinjau dari cognitive load theory. AlphaMath: Journal of Mathematics Education.

Ofosu-Asare, Y., Essel, H. B., & Bonsu, F. M. (2019). E-learning Graphical User Interface development using the ADDIE Instruction Design Model and Developmental Research the Need to Establish Validity and Realiability. ResearchGate.

Rusman, D. K. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, M. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Drill And Practice terhadap Aktifitas Belajar Siswa. Universitas Pasundan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, Sutawidjaja, & Siswono. (2018). Profil berpikir aljabar siswa sekolah dasar di banjarmasin dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif dan perbedaan jenis kelamin. Disertasi: Universitas Negeri Surabaya.

Thorn, W. (1995). Points to Consider When Evaluasing Interactive Multimedia. The Internet TESL Journal.

Wahyuni, N. (2013). Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional.

Wibawa, S. W., Harimurti, R., Anistyasari, Y., & Sumbawati, M. S. (2017). The Design and Implementationof an Educational Multimedia Interactive Operation SystemusingLectora Inspire. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.