PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE PADA KELAS VII SMP/MTS
Abstract
Teknologi Informasi memberikan bantuan daIam kegiatan belajar mengajar diantaranya melalui PembeIajaran Berbantuan Komputer atau Computer Assited Instruction (CAI) daIam kegiatan pembeIajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembeIajaran berbantuan komputer yaitu, media pembeIajaran muItimedia interaktif untuk pembeIajaran biIangan pecahan dengan metode drill and practice dan mengetahui kelayakan serta respon pengguna dari uji coba media pembeIajaran muItimedia interaktif daIam pembeIajaran biIangan pecahan dengan metode drill and practice. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pengembangan muItimedia interaktif biIangan pecahan dengan menggunakan lima tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. HasiI dari penelitian menunjukkan media pembeIajaran muItimedia interaktif materi biIangan pecahan dapat dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6,Action Script 2, Format Factory ,Microsoft Power Poin,Database XML. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang diukur dari skala Likert. HasiI vaIidasi materi adalah 65%, vaIidasi media adalah 77,64%, artinya kedua vaIidasi masuk daIam kategori valid. Tahap akhir adalah mengetahui respon peserta didik dan guru setelah menggunakan media pembeIajaran tersebut, hasiI respon peserta didik adalah 85,37%, dan hasiI respon guru adalah 88,39% yang artinya masuk daIam kategori sangat positif. Bedasarkan hasiI dari uji kelayakan ahli dan hasiI uji coba produk muItimedia interaktif daIam pembeIajaran biIangan pecahan dengan metode drill and practice dapat digunakan di daIam pembeIajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2014). Media PembeIajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
D. Latuheru, J. (1988). Media PembeIajaran DaIam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Krismasari, E, R. (2015). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Aljabar untuk SMP/MTs. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Ponorogo.
Mulyatiningsih, E. 2016. Pengembangan Model PembeIajaran. Diakses melalui http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih mpd/7cpengembanganmodel-pembeIajaran. pdf. Pada tanggal 15 Desember 2019.
Nieveen, N. (2010). An lntroduction To EducationaI Design Research. Enschede: NetherIands lnstitute For CurricuIum DeveIopment.
Rusman. (2012). Model - Model PembeIajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Depok: Kharisma Putra Utama Offset.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sutopo. (2003). MuItimedia Interaktif Dan Flash. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.
Syifaunnur, H. (2015). Pengembangan Dan AnaIisis KeIayakan MuItimedia lnteraktif "Smart Chemist" Berbasis lntelektual Sebagai Media PembeIajaran Kimia SMA. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Novita, W. E (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Pada Mata Kuliah Pengukuran Teknik Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 3, Nomor 1.
Arfian, M. (2017). Perbandingan Kepraktisan Menggambar Wajah Antara Menggunakan PensiI Grafit Dengan Menggunakan PensiI Conte Berdasarkan Persepsi Anggota Komunitas FaisaI Wowo Art Makassar. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Makassar. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/304373502.Pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.