PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HYPERMEDIADALAM PEMBELAJARAN OPERASI MATRIKS DENGAN METODE PROBLEM SOLVING

Amrina Rosada, Harja Santana Purba, Muhammad Hifdzi Adini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkaan media pembelajaraan interaktif berbasis hypermedia pada pembelajaran operasi matriks dengan metode Problem Solving dan menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis hypermedia pada pembelajaran operasi matriks dengan metode Problem Solving”. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (ResearchandDevelopment) model ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluatiion). Hasil penelitian terdiri dari kualitas media dan respon pengguna. Penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 68% .Penilaian oleh ahli materi mendapatkan persentase 85%. Penilaian oleh siswa mendapatkan persentase 85%. Penilaian guru mata pelajaran mendapatkan persentase 85.2%. Sehingga dapat diambil kesimpulan dari rata-rata keseluruhan memperoleh persentase 81% tergolong Sangat Layak.


Full Text:

PDF

References


Adiwisastra, M. (2015). "Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Jurnal Informatika, 206-211."

Andi, P. (2010). "Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press."

Arsyad, A. (2017). "Meda Pembelajaran Edisi Revisi". Jakrta: Rajawali Pers."

Djamarah, S. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta."

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta." Suparno&Iranto,D.( 2014)."The Effects Of PBL Method Using The HYPERMEDIA To The Students' Critical

Thinking Skill On the Social Studies Subject". "Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis(JPEB), 41-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.