PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HYPERMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENGALAMATAN IP DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE
Abstract
Perkembangan teknologi pada zaman ini kian pesat, khususnya di bidang Pendidikan. Hal yang menjadi perhatian pada pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan adalah pengajaran berbantuan komputer. Namun teknologi dalam proses pembelajaran belum dioptimalkan secara efektif. Perlu adanya media pembelajaran berbantuan komputer agar teknologi dapat digunakan secara maksimal untuk menunjang pembelajaran di dalam kelas. Salah satunya adalah media pembelajaran interaktif. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis hypermedia untuk pembelajaran pengalamatan IP dengan metode drill and practice dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis hypermedia untuk pembelajaran pengalamatan IP dengan metode drill and practice. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan metode Research & Development dengan model pengembangan ADDIE. Tahapannya yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis hypermedia dalam pembelajaran pengalamatan IP dengan metode drill and practice ini menggunakan teknologi HTML, CSS, JavaScript, XML, dan Flash dengan tahapan pengembangan meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis meliputi analisis kebutuhan teknologi, metode, dan materi. Tahap desain meliputi desain flowchart, rancangan antarmuka, dan storyboard. Tahap pengembangan meliputi pengembangan antarmuka, use case, pengkodean, pengembangan metode pembelajaran, dan uji kelayakan serta ahli validasi. Tahap implementasi meliputi uji coba media pembelajaran dan hasil penilaian pengguna. Tahap evaluasi terdiri dari analisa nilai pemakai serta hasl kelayakan aplikasi dari ahli pemateri menyatakan 66% tergolong layak, sebaliknya ahli teknologi menyatakan 67% tergolong layak, serta penilaian mahasiswa terhadap aplikasi pada bagian fungsi aplikasi adalah 85% tergolong sangat layak. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hypermedia Dalam Pembelajaran Pengalamatan IP layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.” “Moleong, L. J. (1999). Metodologi penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Moleong, L. J. (1999). Metodologi penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw.” “Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.