PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI BASIS DATA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE

Yulida Erliani, R Ati Sukmawati, Muhammad Hifdzi Adini

Abstract


Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan metode pembelajaran drill and practice pada materi basis data, (2) menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif yang dibuat. Penelitian ini berjenis Research and Development (RnD) yang pengembangannya dilakukan dengan model ADDIE. Tahapan model ADDIE ini yaitu analysis, design, development, implementation and evaluation. Penilaian kelayakan media pembelajaran dilihat dari segi materi, media, respon pengguna dan efektifitas media. Analisis data hasil kelayakan dilakukan dengan menggunakan bantuan statistik deskriptif. Uji coba dilakukan di SMK Negeri 3 Amuntai pada bulan Oktober 2020 dengan jumlah peserta didik 19 orang. Hasil penelitian ini adalah (1) media pembelajaran interaktif berbasis web dengan metode pembelajaran drill and practice telah dikembangkan menggunakan beberapa teknologi yaitu HTML, CSS, PHP, JavaScript, MySQL dan webSQL, (2) media pembelajaran dinyatakan valid dari segi materi dan media. Respon guru dan peserta didik memberikan respon positif. Hasil belajar peserta didik tuntas secara klasikal. Dengan demikian media dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga media ini layak digunakan dalam pembelajaran Basis Data.


Full Text:

PDF

References


Chang, C. S., Wong, W. T., & Chang, C. Y. (2011). Integration of Project-Based Iearning Strategy with MobiIe Iearning : Case Study of Mangrove WetIand EcoIogy ExpIoration Project. Tamkang JournaI of Science and Energy, 14(3), 265-273.

DarussaIam, A. (2015). Pengembangan Media PembeIajaran Berbasis Web Interaktif (BIog) untuk Meningkatkan Motivasi BeIajar pada Mata PeIajaran Pemasaran OnIine Sub Kompetnsi Dasar Merancang Website (Studi pada Siswa KeIas X Tata Niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). JurnaI

Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2.

Daryanto. (2012). Media PembeIajaran. Bandung: Satu Nusa.

Iee, J., BIackweII, S., Drake, J., & Moran, K. (2014). Taking a Ieap of

Faith : Redefinining Teaching and Iearning

in Higher Education Through Project-Based Iearning. The InterdiscipIinary JournaI on ProbIem-Based

Iearning, 8(2), 19-34.

Lukitaningrum, H. (2016). Pengembangan Media PembeIajaran Berbasis Web pada Materi Basis Data di SekoIah

Menengah Kejuruan KeIas XI. 4.

MuIyatiningsih, E. (2012). Metode PeneIitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: AIphabeta.

Negara, H. R., & Putrawangsa, S. (2017). Pengembangan ModeI Praktikum untuk Mengembangkan KeterampiIan

Mahasiswa CaIon Guru daIam PeniIaian PembeIajaran. TATSQIF: JurnaI Pemikiran dan PeneIitian

Pendidikan.

Nieveen, N. (2010). An Intruduction to Education Design Research. Enschede: NetherIand Institute for CuricuIum

DeveIopment.

Putri, I. P., & Sibuea, A. M. (2014). Pengembangan Media PembeIajaran Interaktif pada Mata PeIajaran Fisika.

JurnaI TeknoIogi Informasi & Komunikasi daIam Pendidikan, 145-155.

Rahman, A., Kaharuddin, A., & Yani, A. (2019). Pengembangan Media PembeIajaran Berbasis Web menggunakan

ModeI DriII and Practice. Makasar: Semantic SchoIar.

Rhomdani, R. (2016). Pengembangan Media PembeIajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Quandary

di Universitas Muhammad Jember. JurnaI Gammath.

Royani, A. (2017). Penerapan Teknik PembeIajaran Kooperatif NHT daIam Meningkatkan Pemahaman tentang

Bumi Bagian dari AIam Semesta. BRIIIIANT: JurnaI Riset dan KonseptuaI.

Rusman. (2012). ModeI-modeI Pengembangan: Mengembangkan ProfesionaIisme Guru Edisi Kedua. Depok:

Kharisma Putra Utama Offset.

Rusman. (2018). BeIajar dan PembeIajaran Berbasiskan Komputer: Mengembangkan ProfesionaIisme Guru Abad

Bandung: AIfabeta.

SaIuky. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matemtika Berbasis WEB dengaan Menggunakan WOrdPress. JurnaI

EduMa, 89.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media PembeIajaran Matemtika Berbasis Web pada Materi

Barisan dan Deret. JurnaI Matemtika Kreatif-Inovatif. Kreano 8 (1), 7.

Simomara, I. J., & Panjaitan, B. (2015). Pengembangan Media PembeIajaran Interaktif Mata PeIajaran Fisika pada

Siswa SMK. JurnaI TeknoIogi Informasi & Komunikasi daIam Pendidikan, VoI. 2, No. 2.

Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses BeIajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru AIgensindo.

Syifaunnur, H. (2015). Pengembangan dan AnaIisis KeIayakan MuItimedia Interaktif "Smart Chemist" Berbasis

InteIektuaI sebagai Media PembeIajaran Kimia SMA. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang. Tidak dipubIikasikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.