PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI TANAH DAN KEBERLANGSUNGAN KEHIDUPAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI UNTUK KELAS IX

Dina Rahmatia, Harja Santana Purba, Ratna Yulinda

Abstract


Media pembelajaran interaktif berbasis web adalah cara menyampaikan materi pembelajaran secara interaktif melalui internet atau jaringan yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja tanpa bergantung pada guru dan tidak terbatas waktu pelajaran disekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi tanah dan keberlangsungan kehidupan dan (2) bagaimana menganalisis kelayakan pada media pembelajaran tersebut. Penelitian ini memakai model Research and Development (R&D) dengan memakai model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah 23 orang peserta didik dan 1 orang guru mapel IPA kelas IX di MTs Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah : (1) media pembelajaran dinyatakan valid ditinjau dari hasil validitas media dan validitas materi dengan kategori sangat tinggi, (2) media pembelajaran dinyatakan praktis ditinjau dariĀ  hasil respon peserta didik dan respon guru, dan (3) media pembelajaran dinyatakan efektif dilihat dari hasil belajar peserta didik yang memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 78,26% dan hasil uji n-gain dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian bisa ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran yang sudah dikembangkan layak digunakan karena telah memenuhi kriteria kelayakan dan bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mempelajari materi tanah dan keberlangsungan kehidupan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, E. P, Suyatna, A, Abdurrahman, & Ertikanto, C. (2017). Efektifitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah.

Gafur, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang ;llllManggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 144-161.

Husein, M., & Rusimamto, P. (2020). Pengembangan Trainer Smart Traffic Light Berbasis Mikrokotroller Arduino pada Mata Pelajara Sistem Kontrol Terprogram di SMK Negeri 1 Cerne. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1).

Januarism, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 166-182.

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 1-7.

Sukmawati, R., Sutawidjaja, A., & Siswono, T. (2018). Profil Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Dasar di Banjarmasin dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Jenis Kelamin. Disertasi: Universitas Negeri Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.