PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN UNTUK KELAS VII MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

Rahmadaniah Rahmadaniah1, R Ati Sukmawati, Novan Alkaf Bahraini Saputra

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem organisasi kehidupan dengan metode demonstrasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknologi yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu HTML, CSS, JavaScript, Filmora, JSON dan Firebase. Desain implementasi yang digunakan adalah one group pre test - post test. Subjek uji coba media pembelajaran sebayak 15 orang peserta didik SMP Negeri 31 Banjarmasin. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar validitas, angket persepsi dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran dinyatakan valid dengan kategori tinggi ditinjau dari validitas materi dan media (2) media pembelajaran tergolong praktis ditinjau dari persepsi guru dan peserta didik yang menunjukkan respon positif terhadap penggunaan media dan (3) media pembelajaran tergolong efektif dalam kategori sedang ditinjau dari hasil belajar peserta didik yang memperoleh N-gain skor sebesar 0,5 dan ketuntasan klasikal tercapai. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem organisasi kehidupan kelas VII dengan metode demonstrasi layak untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Abarca, R. M. (2021). Learning Object Review Instrument (LORI). Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Ardiman, K., Tukan, M. B., & Baunsele, A. B. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Praktikum Dalam Pembelajaran Daring Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 5 Pocoranaka. Jurnal Beta Kimia, 1.

Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1901

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi T eknologi Pendidikan, 3(2), 166. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019

Nahdi salim, D., Afriyuni, Y. devi, & Fauziah, A. nurul. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.

Situmorang, H., & Situmorang, M. (2013). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pada Pengajaran Sistem Koloid. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19(1), 28. https://doi.org/10.24114/jpp.v19i1.3044

Sukmawati, R. A., Ridhani, M., Adini, M. H., Pramita, M., & Sari, D. P. (2021). Metode Drill and Practice Dalam Pembelajaran Bentuk Aljabar Siswa Kelas Vii Berkonteks Lahan Basah Menggunakan Multimedia .... Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(3). http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb- lit/article/view/572

Sulistyanto, H., & Nugroho, A. (2015). Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Pada Manusia Berbasis Web. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi) 2015, 35–38. https://journal.uii.ac.id/Snati/article/viewFile/3553/3144

Tatang Aditya, P. (2018). Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII (Vol. 15, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.