PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII

Rossa Henny, Harja Santana Purba, Asdini Sari

Abstract


Alat pendukung untuk ruang kelas, media belajar sangat berperan dalam memfasilitasi akuisisi pengetahuan. Apa pun yang dapat membantu membuat waktu kelas lebih produktif. Metode tradisional masih banyak digunakan dalam pendidikan, dengan guru bertindak sebagai titik fokus dari proses pembelajaran dengan menyebarkan pengetahuan tentang suatu topik melalui media kuliah atau buku teks sementara siswa secara pasif mengamati, membuat catatan, dan akhirnya berusaha untuk menyelesaikan masalah yang ditugaskan. Fokus dari penelitian ini adalah pada kelayakan menggunakan web untuk mengajar siswa kelas delapan cara memecahkan sistem dua persamaan linier variabel. Model Addie untuk penelitian dan pengembangan digunakan dalam penyelidikan ini (analisis, desain, pengembangan, investigasi, dan evaluasi). Kelayakan menciptakan media pembelajaran interaktif, termasuk validitas, kegunaan, dan kemanjurannya, adalah produk sampingan dari penelitian ini. Metode pengumpulan data seperti wawancara langsung, survei online, dan pengamatan langsung. Analisis data kualitatif dilakukan, dan menggabungkan hasil tes kelayakan validitas yang dilakukan oleh para ahli material dan pakar media. Hasil survei siswa dan pendidik termasuk dalam hasil praktis. Hasil tes efektivitas, yang meliputi hasil pembelajaran siswa, berasal dari analisis data-N-gain yang dikumpulkan dalam pilot dan penilaian akhir. Kriteria berganda, termasuk validitas, kepraktisan, dan kemanjuran, terpenuhi dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web ini. Karena ini masalahnya, ini sesuai untuk digunakan dalam meningkatkan pengalaman pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Amalia, W., Juwita, E., Maharani, M. A., & Sugiarto, A. (2022). Studi Landasan Ilmiah dan Teknologi Dalam Pendidikan. Landasan Pendidikan Dalam Sekolah Penggerak, 97.

Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi . Jurnal Sainmatika Vol 8 No 1, 14.

Augustin, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Statistika Dengan Metode Tutorial Untuk Siswa Kelas VIII. 79-82.

Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 172. Mulyadinata, A. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Komunikatif dan Interaktif Pada Kompetensi Buku Digital

Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 2 Pengasih. 113-114.

Mulyanta, S., & Leong, M. (2009). Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas

Atma Jaya.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2012). Instructional Technology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran

dan Media untuk Belajar (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Utami, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Dengan Model Drill And Practice Pada Materi

Suhu Dan Kalor Di SMP. 68-71.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.