PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE
Abstract
Komponen yang menunjang proses pembelajaran diantaranya adalah media pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran interaktif berbasis web untuk materi lingkaran kelas VIII yang diharapkan dapat memudahkan siswa dalam belajar secara mandiri dan fleksibel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi lingkaran kelas VIII dengan metode drill and practice dan mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran yang ditinjau dari validitas, keefektifan dan kepraktisan. Metode yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Uji coba dilaksanakan dengan subjek penelitian 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 1 orang guru dan 15 orang siswa kelas VIII A pada SMP Negeri 15 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi, angket respon pengguna, dan instrumen tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu berupa media pembelajaran interaktif berbasis web dengan teknologi yang digunakan yaitu HTML, CSS, JavaScript, Firebase, JSON, Scratch, GeoGebra, MathJax, dan Netlify. Hasil yang didapat berdasarkan uji kelayakan pada validitas materi dengan kriteria tinggi, validitas media dengan kriteria sangat tinggi, kepraktisan penggunaan dengan kriteria sangat tinggi dari respon guru dan siswa, dan keefektifan didapat dari hasil uji n-gain dengan kriteria sedang. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis web ini layak digunakan untuk pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 64-74.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
BNSP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Retrieved from BNSP: https://bsnp-indonesia.org/2014/05/instrumen-penilaian-
buku-teks-pelajaran-tahun-2014/
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Drajat, M., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Kuadrat
Kelas IX dengan Metode Drill and Practice. Computer Science and Education Journal, 1 (1).
Farid, M., & Khabibah, S. (2021). Pengembangan Role Playing Game (RPG) Berbasis Android untuk Materi Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel. MATHEdunesa: Jurnal Ilmia Pendidikan Matematika, 10, 471.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versud Traditional Methods: A SixThousand-Student Survey of Mechanocs Test Data For
Intoructory Physics Courses. American Journal of Physics, 65. doi:https://aapt.scitation.org/doi/pdf/10/1119/1/18809
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk
siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 166-182.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Nesbit, J., Belfer, K., & Leacock, T. (2009, January 1). Learning Object Review Instrument (LORI). Retrieved May 25, 2022, from
https://www.academia.edu/7927907/Learning_Object_Review_Instrument_LORI_
Padmanthara, S. (2004). Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) dan Manfaat sebagai Media Pembelajaran. TEKNO, 19.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 333-352.
Pertiwi, E., & Irfan, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di
SMK Negeri 1 Painan. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4, 206.
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal
Pembelajaran Fisika, 326-332.
Roestiyah, N. K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sefriani, R., & Sepriana, R. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan
Teknologi dan Kejuruan. Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tinja, Y., Towaf, S. M., & Hariyono. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai
Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 9, 1257.
Yanto, D. T. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi
Vokasional dan Teknologi, 75-82.
Refbacks
- There are currently no refbacks.