PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS VII

Muhammad Alpian, Harja Santana Purba, Andi Ichsan Mahardika

Abstract


Media pembelajaran interaktif berbasis web merupakan sebuah media pembelajaran yang dapat berinteraksi denganpenggunasecararesponsif.Penelitianinibertujuanuntuk mengembangkanmediapembelajaraninteraktifberbasisweb pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa SMP dengan model discovery learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE. Teknologi yang digunakan untuk mengembangkan media yaitu HTML, CSS, JavaScript, JSON, dan Firebase. Data penelitian dikumpulkan memakai instrumen berupa lembar validitas,angket respon, serta tes hasil belajar siswa. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis desktriptif kualitatif. Validitas dinilai oleh validator ahli materi dan ahli media yang menunjukkan kategori sangat tinggi. Kepraktisandidapat berdasarkan angket guru dan siswa yang menunjukkan hasil positif. Efektifitas didapat melalui hasil tes belajar siswa menggunakan uji coba One Group Pretest-Posttest Design yang memperoleh n-gain dengan kriteria sedang.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanto, L., P, D. A., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman KonsepMatematis Siswa Kelas VII. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 49.

Coletta, V., & Phillips, J. (2005). Interpreting FCI scores: Normalized gain, preinstruction scores, and scientific reasoning ability. American Journal of Physics, 1172-1182.

Fanny, A. M., & Suadirman, S. P. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5.

Hordi. (2010). Metodologi Penelitian dan Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu

Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 166-182.

Maulidan, M. H., Sukmawati, A., & Suryaningsih, Y. (2021). Media Berbasis Progressive Web Application (PWA) pada Pembelajaran Perpangkatan dan Bentuk Akar dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal, 44-61.

Pariatin, Y., & Ashari, Y. Z. (2014). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKN untuk penyandang Tuna Rungu berbasis Multimedia. 1-9.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha .

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2013). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle Edisi Kedua. Yogyakarta: UNY Press. Wiroatmojo, P., & Sasonoharjo. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: LAN RI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.