PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE

Yulia Rakhfah, Noor Fajriah, Muhammad Hifdzi Adini

Abstract


Penggunaan media pembelajaran interaktif dalam proses belajar mengajar dapat membuat suasana yang berbeda di dalam kelas, karena materi pembelajaran yang sebelumnya disampaikan melalui ceramah dapat divariasikan dengan integrasi dalam bentuk teks, suara, gambar bergerak dan video. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah membuat media pembelajaran interaktif berbasis web materi persamaan kuadrat menggunakan metode drill and practice dan mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran yang ditinjau berdasarkan validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini melibatkan 15 peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 15 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi angket respon pengguna dan instrumen tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis web dengan materi persamaan kuadrat. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji kelayakan validitas materi dari dua validator ahli materi didapatkan dengan kriteria sangat tinggi, hasil validitas media oleh dua pakar ahli media didapatkan kriteria tinggi. Hasil kepraktisan penggunaan berdasarkan respon guru berupa kriteria sangat praktis dan berdasarkan respon peserta didik berupa kriteria sangat praktis, serta hasil keefektifan dari hasil uji coba n-gain didapatkan kriteria efektif. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis web ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Akker, J., Bannan, B., Kelly, A., Nieveen, N., & Plomp, T. (2010). An Introduction to Educational Design Research. National Institude for Curriculum Development.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BNSP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Retrieved from BNSP: https://bnsp-indonesia.org/2014/05/instrumen-penilaian-

buku-teks-pelajaran-tahun-2014/

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versud Traditional Methods: A SixThousand-Student Survey of Mechanocs Test Data For

Intoructory Physics Courses. American Journal of Physics, 65. doi:https://aapt.scitation.org/doi/pdf/10/1119/1/18809

Komalasari, L. I. (2020). ANALISIS TINGKAT KESULITAN SISWA DALAM KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

MATERI PERSAMAAN KUADRAT. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-5.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (Cetakan 3 ed.). Bandung: Alfabeta.

Nesbit, J., Belfer, K., & Leacock, T. (2009, January 1). Learning Object Review Instrument (LORI). Retrieved May 25, 2022, from

https://www.academia.edu/7927907/Learning_Object_Review_Instrument_LORI

Sukmadinata, N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmawati, R., Ridhani, M., Adini, M., Pramita, M., & Sari, D. (2021). Metode Drill and Practice dalam Pembelajaran Bentuk Aljabar Siswa

Kelas VII Berkonteks Lahan Basah Menggunakan Multimedia Interaktif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.