PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DENGAN METODE TUTORIAL

Muhammad Syahid Abdillah, Harja Santana Purba, Asdini Sari

Abstract


Pengembangan pembelajaran yang berkualitas perlu menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran. Penggunaan metode dan media pembelajaran yang menarik merupakan salah satu upaya untuk membuat penyampaian pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web untuk belajar bilangan pecahan dengan metode tutorial. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat dikembangkan menggunakan beberapa teknologi, yaitu HTML, CSS, JavaScript, Wordwall dan Firebase cloud firestore. Kelayakan media pembelajaran diniliai berdasarkan tiga kriteria yaitu, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kelayakan validitas diperoleh dari angket yang diberikan kepada dua pakar materi dan media. Hasil validitas materi dan media menunjukkan kriteria tinggi. Kepraktisan media diperoleh dari angket respon pengguna. Hasil kepraktisan media dari respon guru menunjukkan kriteria praktis, sedangkan dari peserta didik menunjukkan kriteria sangat praktis. Keefektifan media diperoleh dari hasil belajar peserta didik. Media pembelajaran efektif karena hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai n-gain dengan kriteria sedang dan telah mencapai ketuntasan klasikal.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Augustin, N., Purba, H. S., & Sari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Statistika Dengan Metode Tutorial Untuk Siswa Kelas Viii. Computer Science Education Journal (Csej), 23 - 34.

Coletta , V. P., & Phillips, J. A. (2005). Interpreting Fci Scores: Normalized Gain, Pre-Instruction Scores, And Scientific Reasoning Ability. American Journal Of Physics, 1172-1182.

Ghasya, D. A., Salimi, A., & Pranata, R. (2021). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Numeracy, 41-57.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 64-74. Diambil Kembali Dari Https://Aapt.Scitation.Org/Doi/Pdf/10.1119/1.18809.

Maulidan,M.H., Sukmawati, A.R., Suryaningsih, Y. (2021) Media Berbasis Progressive Web Application (PWA) Pada Pembelajaran Perpangkatan Dan Bentuk Akar Dengan Metode Tutorial. Computer Science Education Journal (CSEJ).

Pujiastutik, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E- Learning Berbasis Web Pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan, 25-36.

Rusman. (2018). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Septryanesti, N., & Lazulva. (2019). Desain Dan Uji Coba E-Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Pada Materi

Hidrokarbon. Jurnal Tadris Kimiya 4, 202-215.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.