POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI ANAK DIMASA BELAJAR DARI RUMAH (BDR)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola asuh orang tua membentuk karakter mandiri anak dimasa belajar dari rumah pada Anak Usia Dini. Subjek penelitian adalah orang tua dari anak kelompok B di PAUD Terpadu At-Tibyan Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis naturalistic inquiry (ingkuri alamiah) yang merupakan metode langsung untuk mendapatkan aktivitas yang terjadi secara alamiah di lapangan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh Authoritarian atau demokratis yang paling baik digunakan dalam membentuk karakter mandiri anak dimasa BDR walaupun pada aplikasinya dilapangan orang tua masih ada yang menggunakan pola asuh Authoritative dan permisif sehingga dapat menghambat pembentukan karakter anak usia dini dimasa BDR. Disarankan agar kegiatan BDR berjalan sesuai kurikulum sehingga dapat membentuk karakter anak diperlukan adanya komunikasi aktif dari kedua belah pihak dan pemahaman orang tua tentang pembelajaran anak usia dini.
Kata Kunci: Pola Asuh, karakter mandiri, BDR
Abstract
This study aims to determine parenting styles in forming the independent character of children in the learning period from home (BDR) in early childhood, while the research subjects are parents whose children attend PAUD Terpadu At-Tibyan Banjarmasin. Using qualitative research methods with the type of naturalistic inquiry (natural ingkuri). Research data collection techniques are observation, interviews, and documentation. The results showed that authoritarian or democratic parenting is best used in shaping children's independent character during BDR, although in its application in the field of parents, there are still those who use authoritative and permissive parenting styles so that it can inhibit the formation of early childhood character during BDR.
Keywords: Parenting, independent character, BDR
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni C., Hidayati N., Farisia H., & KhoirulliatiK. (2020). Trend Pola Asuh Orang Tua dalam Pendampingan Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 97-108. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.915
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuL A: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Bogdan, R.C. and Biklen, S.K. (2007) Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. 5th Edition, Allyn & Bacon, Boston
Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI Model Sistem Pembelajaran Blended, Panduan Merancang Mata Kuliah Daring, SPADA Indonesia. Jakarta: Direktorat Pembelajaran KEMRISTEKDIKTI.
Darmayanti, N. W. S., Sueca, I. N., & Utami, L. S. (2021). Pendampingan Bimbingan Belajar di Rumah Bagi Siswa SD Dusun Buruan Tampaksiring untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207-210. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2206
Djamarah. S.B (2014). Pola Asuh Orang Tua dan komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253. http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253
Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Lestari, F. A. P., Lestari, I. D., & Riko, R. (2021). Pola Pendampingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Anak Di Tengah Pandemi Covid 19. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 1).
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41-51.
Putri, H., Suriansyah, A., & Wahdini, E. (1). Effect of Education Income Levels and Parenting Patterns on Children’s Social Behavior. Journal of K6 Education and Management, 2(2), 97-106. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.02.03
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wiyani, Novan A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Guru Dalam Membentuk kemandirian dan kedisiplinan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Wijanarko & Setiawati. (2016). Ayah Baik-Ibu Baik Parenting Era Digital. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia BUmi Bintaro Permai.
DOI: https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats