PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ICT DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH BAHASA INGGRIS UNTUK AUD

ratna purwanti, asmi rusmanayanti

Abstract


Pengajar perlu mengubah media pembelajaran di dalam proses pembelajaran  dengan menggunakan ICT (Information and Communication of Technology) untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi di dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu Mata kuliah Bahasa Inggris Untuk AUD. Di Indonesia, belajar bahasa asing adalah proses yang terintegrasi. Akan tetapi, permasalahan yang terjadi adalah banyak siswa menganggap Bahasa Inggris sulit untuk dipelajari, terutama belajar di luar jam sekolah. Sehingga, dengan penggunaan media berbasis ICT dapat mengurangi pemikiran secara bertahap tentang sulitnya Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan media berbasis ICT baik komputer atau perangkat seluler dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris di proses pembelajaran Mata kuliah Bahasa Inggris Untuk AUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran (mixed method) dengan subyek 35 siswa yang dijadikan sampel di Mata kuliah Bahasa Inggris untuk AUD kelas VI A tahun 2019/2020, PG PAUD FKIP ULM. Data akan dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara serta observasi yang dilakukan di kelas oleh dua penilai yang berbeda untuk menghindari bias. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa memiliki tanggapan positif terhadap penggunaan ICT (aplikasi MALL) di dalam pembelajaran Mata kuliah Bahasa Inggris Untuk AUD. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Mata kuliah Bahasa Inggris untuk AUD dengan menggunakan ICT.

Kata Kunci : ICT, Pembelajaran Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Al-tabany, Trianto IB. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi anak Usia Dini TK/RA & Anak kelas awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prenadamedia Group.

Barak, M. (2007). Transition from traditional to ICT-enhanced learning environments in undergraduate chemistry courses. Computers & Education, 48(1), 30-43.

Bidarian, S., & Davoudi, A. M. (2011). A Model for application of ICT in the process of teaching and learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 29, 1032-1041.

Brown, J. D. (2001). Using Surveys in Language Programs. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: an Interactive Approach to Language Pedagogy. (Second Edition). New York: Addison WestleyLonman, Inc.

Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education, Inc.

Cunska, A., & Savicka, I. (2012). Use of ICT teaching-learning methods make school math blossom. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 69, 1481-1488.

Dumančić, M., Matijević, M., & Topolovčan, T. (2016). How mobile learning can change education. Online International Interdisciplinary Research Journal, 6 (Special Issue), 31-37.

Embi, M. A., &Latiff, A. A. (2004). Trainees’ perception on E-Learn: A Malaysian based ESL Web Site. International Journal of e-Language Learning and Teaching, 1(2), 48-57.

Ghasemi, B., & Hashemi, M. (2011). ICT: Newwave in English language learning/teaching. Procedia-social and behavioral sciences, 15, 3098-3102.

González, J. F. (2012). Can Apple's iPhone Help to Improve English Pronunciation Autonomously? State of the App. Paper presented at the CALL: Using, Learning, Knowing: EUROCALL Conference: Gothenburg, Sweden.

Ghasemi, B., & Hashemi, M. (2011). ICT: Newwave in English language learning/teaching. Procedia-social and behavioral sciences, 15, 3098-3102.

Gusrayani, D. (2014). Teaching English to Young Learners (Sebuah Telaah Konsep Mengajar Bahasa Inggris Kepada Anak-anak). Bandung: UPI Press.

Heinich, R. et al. (2002). Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Hota, G., & Naik, P. (2015). Students’ Perception on Impact of Utilization of Information Communication Technology (ICT) to Improve their Academic Performance: an Analytical Study.

Jose, J., Abidin, Z., & Jafre, M. (2015). Application of information and communication technology tools for English language teaching in an Omani context. Arab World English Journal (AWEJ) Special Issue on CALL, (2).

Kaya, H. (2015). Blending technology with constructivism: Implications for an ELT classroom. Teaching English with Technology, 15(1), 3-13.

Kukulska-Hulme, A. (2012). Mobile Learning and The Future of Learning. International HETL Review, 2, 13-18.

Kurniawati, T., & Ramadhiyanti, Y. (2013). Exploring Indonesian College Students Strategies in Learning English Language. Arab World English Journal, 4(3).

Kustandi & Sutjipto. (2011). Medai Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Larson, K. R. (2014). Critical pedagogy (ies) for ELT in Indonesia. TEFLIN journal, 25(1), 122-138.

Marcellino, M. (2015). English language teaching in Indonesia: A continuous challenge in education and cultural diversity. TEFLIN journal, 19(1), 57-69.

Meskill, C. (1996). Listening Skills Development Through Multimedia. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia. (1996) 5 (2), 179-201. Department of Educational Theory and Practice, University at Albany, State University of New York, Albany, USA.

N. Noorhapizah, R. Purwanti, A. Suriansyah, A. Aslamiah, R. Amelia, A.R. Agusta. (2020). Integrating Ict (English Conversation Practice) In Online English Learning For Students At Pgsd Lambung Mangkurat University, ICERI2020 Proceedings, pp. 5996-6005.

Nurwahidah, E., Bakhraeni, R., & Muliasari, D. N. (2017). Computer Assisted Language Learning (Call) Dalam Pembelajaran Listening Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Oktaviyani, E. (2017). A Critical Review: Language Learning Strategy and Teachers’ Characteristics in Indonesian English Language Teaching. ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 2(1)

Rahim, M. Y. (2016). Pemanfaatan ICT sebagai media pembelajaran dan informasi pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 127-135.

Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sadiman, Arif (1986). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawal.

Spratt, M., Pulverness, A., William, M. (2005). The TKT (Teaching Knowledge Test) Course. United Kingdom: Cambridge University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suriansyah, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK (Proses dan Permasalahannya). Paradigma, 10(2).

Suyanto, Kasihani K.E. (2008). English For Young Learners. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tanjung, F. Z. (2018). Language Learning Strategies in English as a Foreign Language Classroom in Indonesian Higher Education Context. A journal on Language and Language Teaching, 21, 50-69.

Tuttle, H. G. (2013). Improving Students' Modern Language Speaking Skills Through Mobile Learning. In Z. L. Berge & L. Y. Muilenburg (Eds.), Handbook of mobile learning, 524-533. New York: Routledge.

Ward, M.(2007). A Template for CALL programs for Endangered Languages. Dublin: MSc thesis, Dublin City University.

Widayati, M. (2018). The Utilization of Information Technology Media in Indonesian Language and Literature Learning. In International Conference on Applied Science and Engineering (ICASE 2018). Atlantis Press.

Yuliawati, L. (2018). Pemanfaatan Mobile Assisted Language Learning (MALL) melalui Aplikasi Berbasis Android dalam Pembelajaran Bahasa Inggris secara Mandiri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 1, No. 1).




DOI: https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats