PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN RUTINITAS

Salasiah Salasiah

Abstract


Penanaman nilai agama dan moral anak penting dilakukan sejak usia dini, karena merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak untuk menjalankan pendidikan selanjutnya. Dalam penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini dapat dilakukan melalui banyak cara atau kegiatan diantaranya melalui kegiatan rutinitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini melalui kegiatan rutinitas di PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif naratif melalui wawancara terhadap responden berjumlah delapan orang guru. Data yang didapat dianalisi melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penamanan nilai agama dan moral dilaksanakan sejak usia dini berlandaskan Al-Quran dan Hadits, disesuaikan dengan tahap perkembangan, karakteristik, dan kemampuan anak didik. Implementasi strategi pengembangan nilai agama dan moral dilaksanakan melalui kegiatan rutinitas yaitu mengucap salam dan berjabat tangan, jurnal pagi, bermain bersama teman, membaca ikrar, membaca surah pendek, membaca do’a harian, membaca asmaul husna, kegiatan makan bersama, dan kegiatan sholat zuhur berjamaah.

Kata Kunci: Penanaman Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini, Rutinitas


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2018). Pengembangan Nilai Agama dan moral bagi anak usia Dini. Bandung: PT Rafika Aditama.

Ananda, R. (2017). Implementasi nilai agama dan moral pada anak usia dini. Pendidikan anak usia dini, vol.1. No 1, 23-24.

Anggraini, W., & Syafril, S. (2018, December 11). Pengembangan Nilai–Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31219/osf.io/dbnya

Depdiknas. (2007). Kompetensi Guru.

Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui bermain pada anak usia dini. Kediri: Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 8-17.

Hakim, A. (2016). Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral di Taman Kanak-kanak (Analisis Deksriptif di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 49-60.

Hidayat, O. (2015). Metode Pengembangan Moral dan nilai agama dan moral. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Iftitah, S.L. (2020). Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan pada anak usia dinidi TK islamic center Surabaya. KINDERGARDEN: Journal Of Islamic Early Chilhood Education 3(1), 23-29.

Inawati, A. (2017). Strategi pengembangan moral dan nilai agama untuk anak usia dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51-64.

Jasuri. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada anak usia dini. Jurnal Madaniyah edisi VIII pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada anak Usia dini.

Kemendiknas. (2014). Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang sisdinas. Bandung: Citra Umbara.

Mawardi, R. (2018). Penelitian Kualitatif pendekatan naratif. Perbanas. Id

Mintarsih, M. (2017). Peran Paud Sebagai Pengembangan Karakter Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(3), 107-116.

Respatiningrum, D. (2014). Strategi pengembangan Nilai agama dan moral anak usia dini Tarbiyatul Athfal Al Islamiyyah Al Mansyuroh Pernasidi Kecamatan Cilongok Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, IAIN).

Rohendi,E, & Rohayati. (2014). Strategi Pengembangan Nilai agama dan moral Anak usia dini di Taman Kanak-kanak di Jawa Barat. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak usia dini 5(2).

Widya, R. (2019). Metode Penanaman Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 58-63.




DOI: https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats