MEMBANGUN OBYEK MESIN BUBUT DAN OBYEK PUTARAN MENGGUNAKAN POV-RAY

Harmastuti Harmastuti

Abstract


Obyek mesin bubut (lathe) adalah obyek yang dibangun dengan memutar kurva pada suatu sumbu putar, Dalam tulisan ini, akan dibangun obyek benda putar yang diperoleh dengan cara memutar kurva yang ditentukan dengan cara menghubungkan sejumlah terbatas pasang koordinat titik yang ditentukan posisinya selanjutnya kurva diputar mengelilingi sumbu Y obyek yang terbentuk berupa benda putaran, menggunakan algoritma SOR dan lathe pada perangkat lunak POV-Ray. Hasil penelitian, Obyek mesin bubut (lathe) dibangun dengan memperhatikan enam pasangan titik kontrol untuk membentuk obyek 3D terbuka dan tujuh pasangan titik kontrol membentuk daerah tertutup dan obyek 3D padat. Obyek lathe linear_spline memerlukan minimal dua pasang titik kontrol, obyek lathe quadratic_spline dalam membentuk obyek memerlukan minimal tiga pasang titik dan obyek lathe cubic_spline dalam membentuk obyek memerlukan lebih dari tiga pasang titik. Obyek sor tidak memperhatikan pasangan titik–titik kontrol membentuk daerah tertutup atau terbuka dan obyek yang terbentuk berupa benda padat tetapi apabila dalam algoritmanya ditambah perintah open akan mengha silkan obyek benda putaran yang terbuka. Kecepatan render pada resolusi 640 x 480, Obyek sor dan lathe cubic_spline bentuk obyek yang dihasilkan sama. Sedangkan untuk obyek lathe linear 5,01 dan 4,65 detik, obyek lathe quadratik 4,95 dan 4,65 detik dan obyek lathe cubic 4,82 dan 5,41 detik.
Kata kunci: pigmen wood, objek benda putar 3D, obyek lathe, obyek sor


Full Text:

PDF

References


Baker, H.,(2004). Computer Graphhics with Open GL. Prentice Hall inc United States of America.

Bhanu Sri Nugraha 2015, Penteksturan Model Tiga Dimensi Menggunakan Metode Seamless Unwrapping Material, Sistem Informasi STMIK Amikom Yogyakarta pada Semnas Teknologi Informasi dan multimedia..

Bradley, GL, 1995, Calculus, Prentice Hall inc United States of America.

David K dkk ,1999, POV-Ray User Guide, Persistence Of Vision Develop ment Team.

Foley,J.D. Van, Dam, A.(1984). Fundamen tals of Interactive Computer Graphics.Addison-Wesley Publishing Company.Inc United States of America.

Hidayat R,dkk, 2006, Modelisasi Benda Onyx dan Marmer dengan Bantuan Permukaan Putar, Jurnal ILMU DASAR Vol. 7 No. 1, 2006 : 25-33 Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember

Soelaiman R, Hathfi Bahrial Hakim dan I Made Agus Setiawan 2006, Aplikasi Metode Surfase Flatening Pada Pemetaan Teksture, Fakultas Teknologi Informasi ITS.




DOI: https://doi.org/10.20527/epsilon.v12i2.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL MATEMATIKA MURNI DAN TERAPAN EPSILON

Indexed by:

          

 

EDITORIAL OFFICE 

           

 

 

 

Creative Commons License
JMMTE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.