Sikap Konsumen Terhadap Produk Chocomo dari UMKM Moringa Factory
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap produk cokelat merek Chocomo di Moringa Factory serta menganalisis pendapat responden terhadap produk baru cokelat merek Chocomo. Penelitian ini dimulai bulan September 2022 hingga Februari 2023. Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah Non Probability Sampling, jenis penarikan contoh yang digunakan adalah accidental sampling, sementara ukuran sampel responden yaitu sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel dilakukan di area Car Free Day (CFD) di Lapangan Murjani sebanyak 25 responden dan CFD halaman kantor gubernur Kalimantan Selatan sebanyak 25 responden. Nilai evaluasi semua atribut memiliki penilaian yang baik (dengan posisi skor 4-5). Atribut yang memiliki penilaian tertinggi adalah atribut promosi secara langsung dengan skor 4,54 (sangat setuju). Promosi secara langsung disertai pemberian tester menjadi pilihan karena dapat berkomunikasi dua arah serta memastikan produk yang dipasarkan baik dan rasanya sesuai oleh selera konsumen. Nilai kepentingan semua atribut memiliki penilaian yang baik (dengan posisi skor 4- 5). Atribut yang memiliki penilaian tertinggi adalah atribut promosi secara langsung dengan skor 4,54 (sangat penting). Hal ini disebabkan promosi secara langsung membuat konsumen lebih mengenal produk secara langsung, meraba bentuk dan merasakan produk dengan baik sehingga dapat lebih mudah memutuskan dalam membeli produk. Produk cokelat kelor merek Chocomo mendapatkan skor sikap A0 dengan interpretasi positif, hal tersebut menunjukkan produk sudah dapat diterima oleh konsumen dan memiliki potensi untuk dipasarkan secara luas.
Full Text:
PDFReferences
Engel, F.J., Backwell, R.D. & Miniard, P.W. (2001). Consumer Behavior. The Dryen Press. US
Krisnandi, A. Dudi. (2018). Kelor Super Nutrisi Edisi Revisi Maret 2015. Kelorina.com. Blora.
Putri, Karina Dinda, Mira Yulianti dan Sadik Ikhsan. (2021) Sikap Konsumen Terhadap Produk Selai Kacang Merek “Jiggly Belly Peanut Butter” di Kota Banjarmasin. Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Sumarwan. (2003). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.20527/frontbiz.v7i2.9403
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: [email protected]